Brilio.net - Bulan Ramadan identik dengan sebuah tradisi ngabuburit. Istilah Sunda yang menasional itu berarti nongkrong sambil menunggu waktu berbuka. Jika biasanya ngabuburit hanya dilewati dengan hal-hal yang biasa saja seperti berburu makanan, cobalah main ke Lapangan Kemiri, Kabupaten Purworejo. Di sana kamu bisa naik kuda jumping.

Kuda jumping ini adalah kuda yang bisa mengangkat kaki depannya sesuai aba-aba pawangnya, biasanya dengan tongkat atau peluit. Kuda-kuda ini biasa dipakai dalam acara arak-arakan menyambut Khotmil Quran setiap bulan Rajab dan Maulud.

Ngabuburit unik di Purworejo, naik kuda jumping

Ngabuburit unik di Purworejo, naik kuda jumping

Ngabuburit unik di Purworejo, naik kuda jumping

Berhubung Ramadan tidak ada acara arak-arakan, paguyuban pemilik kuda terlatih tersebut sepakat untuk menyemarakkan acara ngabuburit dengan menyewakan kudanya. "Sudah sejak tiga tahun ini mas setiap sore kami menyewakan kuda-kuda kami di lapangan Kemiri. Lumayan ramai apalagi besok mendekati Lebaran pas para pemudik sampai kampungnya masing-masing, 25 ekor kuda keluar semua. Kalau sekarang dirolling 12 kuda tiap hari," terang Andi, koordinator paguyuban pemilik kuda kepada brilio.net, Senin (29/6).

Ngabuburit unik di Purworejo, naik kuda jumping

Andi menambahkan, setiap harinya tak kurang dari 100 orang memakai jasa kuda-kuda dari paguyubannya. "Biar adil pembagiannya, setiap kuda ada nomor urutnya. Soalnya yang naik banyak, kalau nggak gitu nanti rebutan," lanjut Andi.

Kuda-kuda ini sengaja tidak terlalu sering di-jumping-kan karena kebanyakan yang naik adalah anak-anak kecil berusia di bawah lima tahun. "Beda kalau pas dipakai arak-arakan, sejauh ini yang naik kan anak-anak kecil jadi jarang di jumpingkan," tambahnya.

Tapi kalau kamu mau nyobain, bisa kok dijumpingkan. Tarifnya pun murah meriah hanya Rp 10.000 saja. Go and try it.

BACA JUGA:

Ramuan teh ini dipercaya bisa bikin wanita lebih panjang umur

Kandungan tersembunyi dari tanaman gunung ini bisa jadi pengganti gula

Tumbuhan penolong pendaki gunung jika kehabisan bekal

Mendengarkan musik atau nonton tv membuat kualitas tidur buruk

Pemuda 21 tahun ini ciptakan aplikasi terlengkap untuk terapi autis

Kebelet pipis ternyata ada hubungannya dengan kepintaran seseorang

Pipis lebih dari 8 kali sehari ternyata berbahaya