×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mahasiswa ini pada hijrah ke desa saat Ramadan, apa yang dilakukan?

View Image

0

BRILIO » News

Mahasiswa ini pada hijrah ke desa saat Ramadan, apa yang dilakukan?

Dulunya, DHM sempat merambah Wonosari dan Kulonprogo tapi karena terlalu jauh sehingga memakan waktu.

19 / 06 / 2015

Brilio.net - Sebagai mahasiswa, ada satu kewajiban yang yang tercantum dalam tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat. Namun, bagi para mahasiswa ini ada satu tanggung jawab lagi yang ditekankan kampus tempat mereka belajar yaitu dakwah Islam.

Berawal dari aktivitas suatu organisasi keagamaan kampus bernama Korps Dakwah Universitas Islam Indonesia (Kodisia) yang melaksanakan penyebaran agama di desa-desa yang agak pelosok, lalu muncullah inisiatif untuk membentuk wadah tersendiri yang mandiri agar kegiatan 'mahasiswa hijrah ke desa' ini bisa terkelola dengan lebih baik.

Gerakan ini bernama Da'i Hijrah Mahasiswa (DHM) yang telah terbentuk sejak 2010 dan dinaungi langsung oleh pihak keagamaan universitas, yaitu Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI).  Ketua saat ini, Ahmad Asadul Haqq menuturkan, DHM dibentuk untuk membekali generasi muda islam dengan pengetahuan dan wawasan keislaman serta membentuk karakter ketauhidan dalam diri.

Aktivitas dakwah di kampung ini dilaksanakan ketika bulan Ramadan tiba yang diikuti 40 mahasiswa. Asad menyebut, kini mereka sudah bermitra dengan 7 dusun di Desa Candibinangun, Pakem, Sleman.

Dulunya, DHM sempat merambah Wonosari dan Kulonprogo tapi karena terlalu jauh sehingga memakan waktu maka difokuskan di daerah yang dekat dengan kampus.

Loading...

Ajaran yang diberikan selama 10 hari itu meliputi TPA, kultum pra tarawih, pelatihan sebagai takmir, serta mengisi pengajian ibu-ibu bagi yang putri. Makna da'i adalah pengajar/penyebar agama, sedangkan hijrah menjelaskan perpindahan mahasiswa dari kampus ke masyarakat di desa. Jadi DHM maknanya pengajar agama yang hijrah ke masyarakat desa untuk menyebarkan Islam.

"Kita bukan mengajukan diri datang ke desa bilang mau adakan pengajaran agama di sana tapi masyarakat di sana justru bilang kapan ke sini lagi," tutur mahasiswa asal DIY itu kepada brilio.net Kamis (18/6). "Pemuda di sana banyak, tapi punya dunianya sendiri, yang paham agama dan mau mengajari anak-anak sedikit," lanjut Asad.

Diakui ketua angkatan ketiga gerakan ini, tanggapan mahasiswa pun positif, terbukti dari ketika melakukan rekrutmen relawan pendaftar sering melebihi kuota sehingga beberapa pendaftar harus disisihkan.  

Di luar Ramadhan, aktivitas DHM adalah mendampingi ekstrakulikuler Rohis beberapa sekolah yang masih membutuhkan arahan dengan memberi berbagai pelatihan yang waktunya kondisional.

BACA JUGA:

Masalah klasik saat bulan puasa, bau mulut! Begini cara mengatasinya

Menag: Tak perlu memaksa tutup warung di bulan puasa

Begini cara menentukan awal Ramadan dan Syawal

Puasa bukan halangan berolahraga, kamu bisa melakukannya begini

5 Spot ngabuburit asyik dan murah di Yogyakarta

Di zaman Muhammad SAW, imsak ditandai selesainya bacaan quran 50 ayat

Hindari minum teh saat sahur, ini alasannya

Ini kenapa bulan dalam kalender Jawa mirip dengan kalender Hijriyah





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more