Brilio.net - Pendidikan merupakan investasi yang begitu berharga. Pantas saja, sekolah yang mutu pendidikannya tinggi selalu menjadi rebutan setiap tahunnya. Akan tetapi, performa kecerdasan tidak hanya ditentukan oleh desain dari kurikulum saja. Sebuah studi mengungkap bahwa lingkungan sekolah yang hijau atau asri ternyata mampu meningkatkan kemampuan otak muridnya sebagaimana dikutip brilio.net dari jurnal PNAS, Kamis(18/6).

Kajian ini melibatkan 2.600 siswa sekolah dasar di Barcelona, Spanyol dengan rentang umur 7-10 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan sekolah terhadap kemampuan mengingat dari setiap siswa.

Temuan dari riset tersebut mengungkapkan bahwa lingkungan sekolah yang rindang atau hijau ternyata mampu meningkatkan proses ingatan siswa hingga 5%. Selain itu, para siswa juga lebih memperhatikan saat proses belajar berlangsung. Dalam penelitiannya, para peneliti menggunakan data satelit untuk menilai kondisi sekolah dan juga rumah mereka.

Lingkungan yang hijau mampu meningkatkan kemampuan otak siswa khususnya dalam hal ingatan karena faktor polusi yang rendah. Selain itu, sekolah dengan kondisi tersebut terhindar dari kebisingan. Alhasil, otak mereka lebih bekerja secara maksimal.

Penelitian ini merupakan kajian pertama kali yang menghubungkan bagaimana manfaat ruang hijau terhadap kemampuan kognitif anak. Penelitian sebelumnya lebih fokus terhadap kesehatan fisik saja.

BACA JUGA:

Anak SMA ini temukan cara deteksi boraks cukup pakai tusuk gigi

Pemuda 21 tahun ini ciptakan aplikasi terlengkap untuk terapi autis

Pelajar ini 3 tahun menggendong temannya yang cacat ke sekolah

Dahsyat, bocah ini menangkan AMI Awards berkat tembang Walang Kekek

Teman alami gangguan penglihatan, Sadiyah ciptakan meja baca pintar

Anak yang sering makan fast food tingkat kecerdasannya lebih rendah

Mahasiswa ini temukan tabungan sampah, cara cerdas peduli lingkungan