×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Limbah sikat gigi dikreasi jadi gantungan kunci unik, kreatif!

View Image

0

BRILIO » News

Limbah sikat gigi dikreasi jadi gantungan kunci unik, kreatif!

Sebagai imbalan orang yang memberikan sikat gigi bekas akan mendapatkan satu buah gantungan kunci BSG.

25 / 06 / 2015

Brilio.net - Sikat gigi merupakan salah satu benda yang telah menjadi kebutuhan manusia. Kebutuhan sikat gigi akan semakin banyak, sehingga limbah sikat gigi semakin meningkat. Hal ini menimbulkan tantangan baru untuk lingkungan, mengingat komposisi pembentuk dari sikat gigi hampir seluruhnya adalah plastik yang tidak ramah lingkungan. Sangat jarang dijumpai ada daur ulang terhadap limbah sikat gigi.

Atas kondisi ini, lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan terobosan baru dengan membuat gantungan kunci berbahan limbah sikat gigi. Mereka adalah Farid Kurniawan, Aditya Wibawa Mukti, Liawati, Devi Azzahra Anwar dan Alfi Arifai. Produk mereka ini dinamai BSG (Batang Sikat Gigi).

Limbah sikat gigi dikreasi jadi gantungan kunci unik, kreatif!

"Butuh waktu 100-500 tahun bagi bakteri untuk bisa mengurangi limbah plastik agar bisa menyatu dengan tanah. Bisa dibayangkan berapa jumlah penduduk bumi dan masing-masing tentunya akan menghasilkan limbah sikat gigi lebih dari satu dan diperlukan tindakan untuk menanggulangi hal tersebut," ujar Farid kepada brilio.net, Kamis (25/6).

Limbah sikat gigi yang telah dikumpulkan tidak serta merta langsung diolah menjadi gantungan kunci. Mereka paham bahwa di sikat gigi banyak terkandung bakteri. Sebelum dipotong menjadi gantungan kunci, limbah sikat gigi tersebut direbus dengan air yang mendidih untuk menghilangkan bakteri yang ada di dalamnya. Barulah setelah limbah sikat gigi tersebut dibuat steril, masuki tahap pemotongan hingga menjadi beberapa bagian yang nantinya akan dipasangkan kawat penggantung untuk gantungan kunci.

Loading...

Dengan keterampilan yang cukup mempuni, mereka berhasil menciptakan berbagai kreasi gantungan kunci yang menarik dan unik. Kegiatan mereka pun menjadi suatu bisnis baru yang nantinya bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Satu gantungan kunci dijual dengan seharga Rp 2.000.

Selain itu mereka juga memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin menyumbangkan sikat gigi bekasnya. Sebagai imbalan orang yang memberikan sikat gigi bekas akan mendapatkan satu buah gantungan kunci BSG.

"Semoga orang-orang bisa terinspirasi dan mengolah limbah tidak terpakai lainnya dan kami berharap ada ide lagi untuk pengembangan olahan limbah sikat gigi ini jadi tidak sekedar gantungan saja, selama bisa bermanfaat kenapa gak," harap Farid.

BACA JUGA:

Mahasiswa ini temukan tabungan sampah, cara cerdas peduli lingkungan

8 Hal yang perlu kamu tahu tentang pasta gigi dan cara pemakaiannya

Ini semut terganas dunia, gigitannya bisa bunuh orang dalam 15 menit

Gigi tanggal pada orang dewasa pertanda mulai pikun

Malas sikat gigi bisa bikin kamu terkena serangan jantung, waduh!

5 Kebiasaan ini ternyata membahayakan gigimu

Bawang putih manjur usir sakit gigi, begini cara memakainya

Ini dia 5 cara ampuh alami memutihkan gigi

Atasi liur saat pemeriksaan gigi, mahasiswa ini bikin alat praktisnya

Mahasiswa UGM ubah cangkang telur ayam jadi pencegah kerak gigi







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    25%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more