Brilio.net - Naik gunung itu seru banget! Tapi naik gunung bakal jadi nggak nyaman ketika kamu tiba-tiba kebelet BAB atau buang air besar. Kotoran nggak bisa hilang begitu saja, baunya selain bikin nggak nyaman, pasti bakal mengganggu pendaki yang lainnya, ya kan?

Berikut ini hal-hal penting yang mesti kamu perhatikan supaya acaramu mendaki gunung nggak terganggu gara-gara kebelet BAB.

1. Jangan BAB di jalur pendakian

Nggak perlu penjelasan panjang lebar kan kenapa kamu nggak boleh asal lepas hajat di jalur ini, apalagi di jalan-jalan setapak pendakian. It's a big NO! Selain jorok, tinja beserta baunya pasti bakal mengganggu pendaki lain yang melewati jalur yang sama. Coba deh cari tempat yang lebih tersembunyi, misalnya di balik pohon yang besar atau di semak-semak.

2. Jangan BAB dekat tenda

Loading...

Sama kayak poin nomor satu, jangan pernah coba-coba ataupun terlintas di dalam pikiran kamu untuk BAB di dekat tenda, apalagi di dalamnya, JANGAN PERNAH SEKALI-KALI! Jelas baunya pasti akan mengganggu kamu sendiri dan pendaki-pendaki lainnya. Kalau ngeyel, mending kamu nggak usah naik gunung aja!

3. Kalau memungkinkan, buat lubang untuk mengubur tinja

Supaya bau tinja nggak menyebar kemana-mana, cobalah untuk menggali lubang kira-kira 15-20 cm, karena dengan kedalaman ini bau tinjamu nggak bakal tercium dan bakteri yang ada di dalam tanah bisa langsung mengurainya.

4. Jangan lupa siapin tisu basah

Ingat, di gunung nggak selalu tersedia air. Makanya, jangan lupa untuk menyediakan tisu basah saat mendaki gunung ya. Ini berguna banget sebagai pengganti air setelah selesai BAB. Tapi jangan coba-coba membersihkan area anus dengan daun ya? Bisa-bisa kamu gatal-gatal gara-gara alergi.

5. Berdoa sama Tuhan

Apaan nih, masa mau BAB aja mesti berdoa dulu? Psstt.., kelihatannya memang konyol dan mitos banget sih, tapi ada baiknnya kamu berdoa meminta perlindungan sama Tuhan supaya ketika BAB nggak terjadi masalah. Konon katanya keberadaan makhluk nggak kasat mata seperti jin sering banget mengganggu para pendaki gunung.

BACA JUGA:

Luna si kuda pustaka keliling 3 desa di Gunung Slamet pinjamkan buku

Dua gunung yang suka digambar zaman SD ternyata beneran ada

Kandungan tersembunyi dari tanaman gunung ini bisa jadi pengganti gula

Tumbuhan penolong pendaki gunung jika kehabisan bekal

Ini penyebab umum kecelakaan saat pendakian gunung

Mau mendaki Gunung Merapi? Berikut tips amannya

Ini yang harus dipersiapkan untuk pendaki gunung pemula