Brilio.net - Mendaki gunung adalah kegiatan yang biasa dilakukan untuk melihat keindahan alam dari ketinggian. Pemandangan dari puncak dan melihat matahari terbit di sana sangat mengagumkan. Tapi untuk sampai puncak diperlukan usaha yang berat. Nah, untuk pendaki pemula, Zufar Fauzi (24), anggota Mapala Universitas Gadjah Mada punya tips agar kamu selamat sampai puncak.

1. Fisik
Ini aspek penting yang wajib kamu perhatikan betul. Sebelum mendaki pastikan kondisi fisik kamu fit. "Ini berkaitan dengan medan yang berat. Untuk yang jarang olahraga, ada baiknya mempersiapkan fisik seminggu sebelumnya minimal dengan joging."

2. Perlengkapan
Pertama, tenda untuk menginap, kompor dan alat masak. Untuk membawa banyak barang, karena memang akan banyak barang yang dibawa, kamu harus punya tas yang kuat. Disarankan tas khusus pendakian karena tas sudah didesain untuk kenyamana pendaki. Sepatu/sandal yang dipakai harus yang khas juga karena akan berhadapan dengan medan yang terjal. Untuk pakaian disarankan membawa pakaian yang menghangatkan seperti jaket, sarung tangan, kaos kaki, penutup kepala dan telinga. "Untuk tidur bawa sleeping bag, karena di atas pasti dingin. Jangan lupa raincoat karena di atas cuaca tidak menentu."

3. Perbekalan
Kamu harus tahu berapa lama kamu akan berada di alam liar. Bawalah makanan dan minuman yang cukup. Makanan umumnya berupa roti, tapi kalau mau masak nasi juga bisa. Bisa bawa makanan yang instan seperti sarden dan cokelat. "Untuk mi instan tidak disarankan. Kalau minuman bawa yang bisa menghangatkan tubuh. Bawa bekal secukupnya karena kalau kurang akan berbahaya dan kalau berlebihan akan memberatkan si pendaki."

4. Cari informasi seputar medan yang akan ditempuh
Untuk kelancaran pendakian, informasi tentang medan pendakian sangat penting. Hal ini untuk menghindari tersesat dan juga estimasi waktu di mana kamu bisa menentukan perbekalan yang akan dibawa.

5. Memberitahu keluarga
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diingin sebaiknya memberi tahu keluarga. Kapan kira-kira akan pulang dan seberapa lama akan di gunung. "Afdolnya seperti itu, kalau mau pergi ya harus ngasih tahu keluarga."

Nah itu beberapa hal yang harus kamu persiapkan dengan baik sebelum kamu mendaki untuk pertama kalinya. Satu lagi pesannya, "Jangan nyampah di gunung, bawa pulang sampahnya," tutup Zufar.