Brilio.net - Insiden kembali terjadi di Kota Suci Makkah, Arab Saudi. Sebuah hotel yang dipadati jamaah dari Asia terbakar. Api dilaporkan muncul di lantai delapan penginapan tersebut.

Dikutip dari AFP, Kamis (17/9), pejabat Bidang Pertahanan Sipil Saudi menyebutkan dua jamaah terluka akibat insiden itu. Setidaknya sekitar 1.000 jamaah yang menginap di hotel dan penginapan sekitarnya diungsikan untuk sementara waktu. Hingga saat ini pemerintah Saudi belum mengungkap nama, alamat, serta identitas hotel serta kebangsaan jamaah yang terluka akibat insiden ini.

Kementerian Agama membenarkan ada kebakaran hotel di Makkah. Pihaknya mengatakan insiden kebakaran terjadi di pemondokan 403 di wilayah Aziziyah Utara Makkah.

Kepala Daerah Kerja Mekkah, Arsyad Hidayat, menuturkan insiden itu ternyata dipicu oleh kelalaian seorang jamaah haji asal Solo, Jawa Tengah. Peristiwa kebakaran terjadi jam 23.30 (waktu Makkah) di kamar nomor 810, penyebabnya adalah seorang jamaah masak nasi dengan alat rice cooker lalu kelupaan dan ditinggal pergi ke Masjidil Haram dan kemudian terjadilah kebakaran.

"Seluruh isi kamar hangus dan jamaah lainnya dievakuasi ke holiday inn Makkah. Tidak ada korban jiwa, hanya dua orang calon haji asal Solo alami sesak napas karena menghirup asap. Sementara dirawat di balai Pengobatan Haji Indonesia," sambungnya.

Loading...

Walau para jamaah sudah diperbolehkan kembali ke pemondokan 403, namun lantai 8 yang menjadi TKP masih tidak diperbolehkan ditempati.