Brilio.net - Sejumlah mahasiswa Dalian Nationalities University di China, telah menciptakan sebuah alat yang menggabungkan antara sepeda statis dengan mesin cuci. Nah lewat perangkat yang diberi nama Sepeda Mesin Cuci Sepeda (Bike Washing Machine/BWM) ini kamu bisa nyuci pakaian sambil berlatih kebugaran. Tuh keren kan.

“Ketika Anda naik sepeda ini, gerakan mengayuh menyebabkan drum mesin cuci memutar. Pada saat yang sama bisa menghasilkan listrik juga,” kata para mahasiswa seperti dilansir huffingtonpost.

Bike wash © 2016 brilio.net

Sepeda Mesin Cuci (Bike Washing Machine/BWM) karya mahasiswa Dalian Nationalities University di China.
© 2016 brilio.net/huffingtonpost.com

Listrik yang dihasilkan bisa digunakan untuk mengisi baterai handphone lho. Uniknya, ide ini muncul ketika seorang mahasiswa berlatih di tempat kebugaran. Saat itu dia mengendarai sepeda statis dan melihat slogan yang ada di sepeda tersebut “Membawa kesehatan dan kenyamanan bagi kehidupan kita.”

Lalu dia pun mengejawantahkan slogan tersebut dengan karya kreatif ini. Ide ini sebenarnya tidak baru. Sebelumnya sudah ada produk serupa, BiWA. Tapi nggak laku di pasar. Nah gimana nasib BWM ya?