Brilio.net - Sebagian masyarakat masih mencuci pakaian kotornya dengan mengandalkan kedua tangan di dalam ember atau langsung di aliran air di luar rumah. Padahal teknologi telah memudahkan masyarakat dengan adanya mesin cuci, meskipun belum bisa dijangkau oleh semua pihak. Alasannya, penggunaan mesin cuci akan menyita energi listrik yang tidak sedikit.

Temuan Ji A You dan Alex Cabunoc ini bisa menjadi pertimbangan bagi para ibu-ibu. Teknologi mesin cuci yang mereka ciptakan tidak mengandalkan listrik melainkan energi gerak yang dihasilkan oleh genjotan kaki. Mesin cuci ini dinamai GiraDora, seperti dilansir brilio.net dari Interesting Engineering, Kamis (10/9).

Penemuan baru, ada mesin cuci tanpa listrik harganya Rp 571 ribu, wow!

Tampilannya seperti dispenser, namun sebenarnya di dalamnya terdapat ember kecil yang disertai pengaduk. Cara menggunakannya cukup simpel, setelah pakaian dimasukkan bersama air dan sabun, sembari duduk di atas tutupnya, genjot pedal untuk menggerakkan pengaduk di dalamnya. GoraDora juga dapat menjadi pengering ketika pakaian telah selesai dicuci.

Penemuan baru, ada mesin cuci tanpa listrik harganya Rp 571 ribu, wow!

Loading...

GiraDora diklaim mampu menghemat waktu cuci dibandingkan dengan tangan, dan dapat menghindari masalah kesehatan yang berhubungan dengan pencucian pakaian dengan tangan. GiraDora pun juga bisa mempercepat keringnya pakaian. Dengan mengurangi waktu jemur ini berarti akan memperkecil kemungkinan tumbuhnya jamur, sebab di wilayah tertentu menjemur pakaian membutuhkan waktu hingga tiga minggu yang berpotensi membusukkan pakaian. GiraDora bisa menjadi solusi atas hal ini.

Penemuan baru, ada mesin cuci tanpa listrik harganya Rp 571 ribu, wow!

GiraDora telah coba didistribusikan di wilayah Amerika Selatan. Tim Dell Social Innovation Challenge yang menggarap temuan ini juga memberi keringanan kepada mereka yang memiliki kesulitan ekonomi. Distribusi yang sedang diupayakan adalah kepada 1 juta rumah.

Harga yang dipatok untuk mesin cuci ini adalah sebesar USD 40 ribu yang setara dengan Rp 571.000. Gimana, cukup terjangkau kan? Tunggu saja GiraDora hadir di Indonesia deh ya!

Kalau mau lihat lebih jelas, tonton videonya berikut ini.