×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bukan Pulau Rote, ini pulau paling selatan Indonesia!

View Image

0

BRILIO » News

Bukan Pulau Rote, ini pulau paling selatan Indonesia!

Pulau Ndana lebih digunakan untuk cagar alam, khususnya rusa.

05 / 10 / 2015

Brilio.net - Tahukah kamu apa pulau paling selatan di Indonesia? Sebagian besar dari kamu pasti akan menjawab Pulau Rote. Anggapan yang telah banyak melekat itu bahkan sampai dibuat jingle sebuah iklan mie instan. Tapi ternyata Pulau Rote bukanlah pulau paling selatan. Masih ada pulau yang ada di selatan Pulau Rote, yaitu Pulau Ndana.

Secara administratif, Pulau Ndana terletak di Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini tak seberapa luas hanya sekitar 13 km.

Muhammad Wildan Albi, dokter muda dari Yogyakarta yang sedang bertugas di Kabupaten Rote Ndao bercerita jika Pulau Ndana tak berpenduduk. Pulau tersebut hanya dihuni oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang menjaga pulau itu.

Bukan Pulau Rote, ini pulau paling selatan Indonesia!

"Kalau menyebut pulau terluar yang berpenduduk, jawabannya sebenarnya juga bukan Pulau Rote, karena di selatan Pulau Rote masih ada Pulau Landu yang hanya berpenduduk puluhan orang saja," terang Wildan kepada brilio.net, Sabtu (3/10).

Loading...

Menurut Wildan, Pulau Ndana lebih digunakan untuk cagar alam, khususnya rusa. Selain itu di Pulau Ndana juga terdapat Patung Sudirman dan Danau Merah. Dinamakan Danau Merah karena air yang ada di danau itu berwarna merah.

Bukan Pulau Rote, ini pulau paling selatan Indonesia!

Selain memiliki potensi perikanan, pesisir pantai utara Pulau Ndana memiliki keindahan alam yang indah dengan pasir putih dan perairan yang jernih. Meski letaknya tak jauh dari daratan Pulau Rote, namun akses menuju pulau ini masih cukup sulit. Untuk menjangkau pulau itu hanya bisa dilakukan dengan menaiki perahu nelayan baik dari Desa Roseli, Desa Bo'a, maupun Desa Oenggaut.

Bukan Pulau Rote, ini pulau paling selatan Indonesia!

"Pulau Ndana diakses dari pulau terdekat dengan kapal nelayan itu ditempuh sekitar 1 jam," kata Wildan yang beberapa waktu lalu mengunjungi pulau tersebut.

Karena memang bukan dijadikan destinasi wisata, lanjut Wildan, pulau ini pun sepi dari para pengunjung umum.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    40%

  • Ngakak!

    20%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    20%

  • Marah

    20%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more