Brilio.net - Windows 10, sistem operasi terbaru Microsoft telah resmi diluncurkan. Kehadiran Windows 10 memang telah banyak dinantikan. Banyak pengguna yang penasaran dengan tampilan dari sistem operasi terbaru itu.

Fitur start yang sempat hilang pada Windows 8 dikembalikan lagi pada Windows 10 ini. Selain penambahan teknologi virtual desktop, Windows 10 ini juga bisa digunakan di semua platform, baik PC maupun mobile.

Tampilan utama dengan Start Menu pada Windows juga menjadi salah satu yang sangat ditunggu. Meski sempat hilang pada Windows 8, Start Menu menjadi salah satu komponen yang berubah dari masa ke masa.

Nah, bagaimana sih penampilan Windows dari masa ke masa? Berikut perjalanan evolusi penampilan Windows yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (4/8).

1. Windows Chicago

Loading...

Beginilah tampilan Windows dari masa ke masa

Chicago merupakan sistem operasi Windows pertama yanga menjadi cikal bakal Windows 95. Sistem ini sudah memunculkan fitur dasar seperti Start Menu, Taskbar, dan My Computer. Di sinilah Start Menu berawal, dari sebuah prototipe dengan tiga tombol.

Logo Windows yang terletak paling kiri digunakan untuk manajemen aplikasi, tombol di tengah sebagai app launcher, dan tombol paling kanan untuk pertanyaan serta pencarian file.

2. Windows 95

Beginilah tampilan Windows dari masa ke masa

Windows 95 dirilis pada 24 Agustus 1995 dan telah menggunakan 32-bit architecture. Start Menu menjadi hal pokok untuk menjalankan semua sistem operasi ini. Karena itu di dalamnya dilengkapi dengan app launcher, search, settings, dan recent documents.

3. Windows NT 4.0

Beginilah tampilan Windows dari masa ke masa

Tampilan NT ini tak begitu banyak perubahan dibandingkan versi sebelumnya. Penciptaannya yang dikhususkan untuk keperluan bisnis menjadikan Windows ini lebih prima dari sebelumnya. Meski begitu, Windows versi ini menjadi tak terlalu familiar dengan pengguna umum yang bukan pebisnis karena hilangnya beberapa komponen.

4. Windows 98

Beginilah tampilan Windows dari masa ke masa

Start Menu pada Windows 98 ini sudah mengalami perkembangan dengan ditambahnya folder Favorites untuk mengakses website favorit dengan cepat. Pada sistem operasi ini, Windows juga memperkenalkan fitur right click dan kemampuan untuk melakukan drag icon pada Start Menu yang semakin memudahkan penggunanya.

5. Windows 98 Second Edition

Beginilah tampilan Windows dari masa ke masa

Tahun 1999, seri kedua dari Windows 98 diluncurkan. Pada Windows ini, ada menu baru yang ditambahkan saat klik kanan desktop, yaitu "Sort by Name" yang digunakan untuk mengurutkan Shortcut berdasarkan abjad.

6. Windows ME

Beginilah tampilan Windows dari masa ke masa

Merupakan perkembangan terakhir Windows era 90-an. Nama ME perupakan singkatan dari Millenium Edition, di mana kata millenium saat itu memang banyak dipakai untuk menyambut datangnya abad ke-21 itu.

7. Windows 2000

Beginilah tampilan Windows dari masa ke masa

Tampilan Start Menu di Windows 2000 tak berbeda jauh dengan Windows ME, hanya saja tak ada lagi menu Log Off di dalamnya. Meski begitu, fitur yang ada di dalamnya sudah berbeda jauh karena Windows 2000 sudah menggunakan NT 5.0 dan telah support DirectX.

8. Windows XP

Beginilah tampilan Windows dari masa ke masa

Windows ini menjadi Windows yang sangat fenomenal bagi para pengguna komputer. Bahkan meskipun kini telah masuk pada Windows 10, tetap saja masih ada pengguna dari Windows XP ini. Tampilan antarmuka sistem operasi ini sangat minimalis dan fresh dengan padanan warna hijau serta biru membuatnya begitu berbeda dengan pendahulunya.

9. Windows Vista

Beginilah tampilan Windows dari masa ke masa

Berusaha memberikan modifikasi dengan keunggulan daripada Windows XP, keluaran terbaru dari Microsoft ini malah dianggap produk gagal. Tak heran jika banyak user yang tetap setia dengan Windows XP yang minimalis.

Meski begitu, Windows Vista tetap berjasa karena dari sistem operasi ini tampilan Start Menu berubah tak menggunakan kata start dan munculnya fitur search yang terintegrasi pada Start Menu.

10. Windows 7

Beginilah tampilan Windows dari masa ke masa

Windows 7 juga menjadi sistem operasi andalan seperti Windows XP. Penggunanya masih sangat banyak hingga saat ini. Pada Windows 7, Menu Start masih sangat identik dengan Windows Vista. Tapi tombol Shut Down telah diganti dengan teks pada sistem operasi ini.

11. Windows 8

Beginilah tampilan Windows dari masa ke masa

Windows 8 muncul tanpa adanya Start Menu yang telah menemani selama ini. Hilangnya Start Menu ternyata begitu membuat user repot ketikan mencari fitur-fitur yang ada.

Secara tampilan, Microsoft menyuguhkan sebuah tampilan yang sangat fresh bagi Windows. Tampilan yang identik dengan kotak-kotak berusaha menjawab perkembangan dunia mobile yang begitu pesat.

12. Windows 8.1

Beginilah tampilan Windows dari masa ke masa

Selang beberapa waktu setelah rilisnya Windows 8, Microsoft memperkenalkan Windows 8.1 yang menjadi jawaban atas kritikan pengguna Windows. Fitur Start Menu dikembalikan lagi untuk memudahkan para pengguna.

13. Windows 10

Beginilah tampilan Windows dari masa ke masa

Bisa dibilang tampilan sistem operasi merupakan perpaduan sistem klasik dengan Start Menu untuk memunculkan berbagai fitur dan desain inovatif dan fresh gaya Windows 8. Microsoft juga menyatakan jika mereka membuka peluang aplikasi Android dan iOS berjalan di Windows 10.

Satu hal kelebihan Start Menu Windows 10 dibandingkan versi sebelumnya adalah kecerdasannya dalam mendeteksi device yang digunakan. Ketika user menggunakan hybrid dan melepas keyboard, maka Start Menu Desktop akan berubah otomatis menjadi Start Screen memudahkan penggunanya.

Nah, itulah ulasan panjang mengenai tampilan Windows dari zaman dulu hingga saat ini. Kamu termasuk pengguna awal PC dengan Windows apa?