Brilio.net - Ketika mengoperasikan komputer dengan mouse pasti kita sering melihat pointer dari kursor mouse bergambar anak panah yang bergerak ke sana kemari mengikuti mouse yang kita gerakkan. Pernah nggak sih kamu terpikir, kok iseng banget sih kursor mouse dibikin miring bukan tegak lurus?

Kursor mouse yang selama ini kita kenal memang berwujud anak panah yang ditampilkan miring sekitar 45 derajat ke arah kiri. Bukan pembuatnya iseng nggak ada kerjaan, atau biar lebih kece dilihatnya, penggunaan kursor miring ini ada tujuannya, lho. Mau tau?

Pada awalnya, ketika mouse pertama kali dibuat oleh Douglas Englebart pada tahun 1968, seperti dikutip brilio.net dari US Stack Exchange, Sabtu (20/6), kursor dibuat tegak lurus ke atas. Baru pada tahun 1970an, di mana komputer Xerox PARC dibuat, kursor kemudian dibuat miring seperti sekarang.

Kenapa sih kursor mouse dibuat miring bukan tegak lurus?

Lho kenapa berganti? Hal ini disebabkan karena pada zaman itu komputer yang beredar masih menggunakan layar dengan susunan pixel beresolusi rendah, sehingga kursor mouse dengan bentuk yang tegak lurus susah dicari pada layar karena tampilannya yang mirip dengan objek-objek lain yang ditampilkan di komputer. Apalagi pada saat itu layar yang digunakan masih monokrom hitam putih. Kebayang kan gimana repotnya?

Loading...

Nah berdasarkan keribetan inilah pada akhirnya kursor dibuat miring 45 derajat ke kiri untuk mempermudah pengguna mencari kursor di layar. Sejak saat itu sampai sekarang, temuan Englebart ini lalu diadopsi oleh para pembuatan software komputer, termasuk Steve Jobs dengan produk MAC OSnya serta Bill Gates dengan produk Windowsnya.

BACA JUGA:

Unik, di Jepang ada kuil khusus untuk mendoakan gadget

Mahasiswa ini ciptakan charger smartphone tanpa kabel, hebat betul!

Hebatnya 3 anak muda ini, dalam 2 jam jadikan helm sebagai charger HP

Tinggalkan gadgetmu, ada baiknya kamu mulai coba nulis diary lagi

Posisi pemakaian gadget seperti ini membahayakan tubuh

Pakai banyak gadget bisa bikin kemampuan otakmu cepat menurun