Brilio.net - Banyak kasus sehari-hari yang kemudian ditemukan terjadinya perbedaan pandangan ketika dikaitkan dengan bagaimana agama memandangnya. Salah satunya adalah tentang membuat ilustrasi (menggambar). Bagaimanakah sebenarnya Islam memandangnya?

Dijelaskan oleh Awy A Qolawun dalam buku Dari Jilboobs Hingga Nikah Beda Agama yang dikutip pada Jumat (10/7), sebagian besar ulama membolehkan gambar 2D maupun animasi 3D, sebagian lain mengharamkan. Sedangkan jika berupa patung, baik bentuknya sempurna maupun tidak utuh namun masih ada kemungkinan hidup (semisal tanpa tangan atau kaki), maka para ulama mutlak mengharamkan.

Patung diperbolehkan jika tak ada kemungkinan hidup ketika diberi nyawa, semisal patung tanpa kepala atau patung sebatas dada, maka sebagian pendapat membolehkan. Jika patung bukan makhluk hidup, maka semua ulama membolehkan.

Untuk gambar dari hasil fotografi, mayoritas membolehkan dan hanya sedikit ulama yang mengharamkan. Gus Awy menganjurkan melihat pada referensi fiqih seperti Al Fiqhul islamy wa Adillatuh.

BACA JUGA:

Loading...

12 Kebiasaan harian yang ternyata bisa bahayakan kondisi mental kamu!

Sering nyeri punggung? Hati-hati, itu bisa karena kebiasaan merokokmu!

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis