Brilio.net - Kamu tahu Koala? Binatang yang sering dijadikan maskot Australia ini emang lucu, imut dan menggemaskan, ya. Hewan ini seringnya terlihat di atas pohon dalam keadaan memeluk dahan atau rantingnya. Bahkan merchandise koala yang bisa dibeli ketika kemu mengunjungi Australia pun posisinya sedang memeluk sesuatu. Kenapa bisa begitu? Kenapa Koala selalu memeluk pohon ya?

Koala sendiri adalah jenis binatang marsupial atau biasa disebut binatang mamalia yang berkantung. Sama seperti kanguru, kantung yang ada di tubuh koala gunanya untuk menggendong bayinya sampai berumur kira-kira satu tahun.

Koala biasanya terlihat berada di atas pohon eukaliptus. Pohon ini adalah salah satu jenis dari pohon minyak kayu putih, bahkan daunnya juga berbau wangi seperti minyak yang biasa kita gunakan ketika masuk angin. Saking sukanya tinggal di pohon ini, ketika binatang lain pergi mencari air minum saat musim panas, koala tetap setia berada di atas pohon. Ketimbang mencari air minum, koala lebih suka memeluk erat-erat batang pohon eukaliptus serta memakan daunnya sebanyak yang dia bisa. Lho kok gitu sih?

Dikutip brilio.net dari Royal Society, Senin (29/6), menurut penelitian terbaru para ilmuwan Australia, pohon eukaliptus itu seperti AC alami buat koala. Ini karena suhu batang pohon ini ternyata lebih dingin lima derajat celcius daripada suhu udara di sekitarnya. Dengan mendekap batang pohon, bisa mendinginkan tubuhnya saat musim panas karena bisa mengurangi penguapan air dari tubuh koala.

Lalu bagaimana dia bisa mendapatkan air yang cukup? Nah ini gunanya kenapa koala suka memakan daun eukaliptus. Daun eukaliptus berguna untuk memenuhi kebutuhan airnya. Bahkan untuk memiliki cadangan air, koala menyimpan daun ini pada kedua pipinya supaya nggak kelaparan dan kehausan. Dalam sehari koala bisa memakan daun eukaliptus sebanyak satu kilogram, lho! Wah Koala aja punya sesuatu untuk dipeluk, kamu masa nggak punya?

Loading...

BACA JUGA:

Meski tradisional, kompor anglo tanah ini berbahan bakar uang

Kini jamu tradisional hadir sebagai resep obat di Puskesmas lho

Kuliner tradisional Jawa Barat ini jadi sajian primadona delegasi KAA

Manisnya gatot tiwul Mbah Hadi, jajanan tradisional legendaris Jogja

Jajanan jadul es gosrok, cara makanya pelan-pelan takut pecah

HOT NEWS:

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9