Brilio.net - Semua orang termasuk ibu kamu dan para ahli lingerie sampai ahli laundry akan selalu mengingatkan untuk mencuci bra setelah selesai dipakai. Mengapa? Karena bra jadi barang penting yang membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kualitasnya biar nggak cepat kendur atau rusak.

Dengan mencuci bra setiap hari, kamu sudah membersihkan sel-sel kulit, keringat, dan berbagai produk kosmetik yang menempel sepanjang hari. Ya meskipun bra dipakai di dalam dan nggak terlihat oleh orang, bukan berarti kamu nggak mencucinya kan? Teknik pencucian juga jadi salah satu bentuk perawatan yang perlu diperhatikan.

Disarankan, mencuci bra dengan tangan dan bukan mesin. Alasannya biar bisa lebih mudah membersihkan sudut-sudut yang tak terjangkau oleh mesin dan memperlakukan bra dengan lembut.

Tapi kalau kamu harus mencuci bra di mesin cuci, pastikan kamu memiliki panduan praktis seperti yang dilansir brilio.net dari Cosmopolitan berikut ini, Selasa (1/12):

1. Sesuaikan suhu air dan kecepatan siklus mencuci

Loading...

5 Tips jitu mencuci bra di mesin cuci ini dijamin bikin awet, top!

Biasanya, kamu harus menyesuaikan suhu air terlebih dahulu agar bahan bra tidak rusak saat dicuci. Hindari mencuci bra dengan air panas karena akan membuat bra kehilangan elastisitas. Atur juga kecepatan siklus saat mencuci bra. Semakin lambat kecepatan mencuci di mesin cuci akan mengurangi abrasi dan agitasi bra.

2. Gunakan deterjen khusus dan ringan

5 Tips jitu mencuci bra di mesin cuci ini dijamin bikin awet, top!

Pilihan terbaik adalah deterjen yang khusus digunakan untuk mencuci bahan yang halus seperti bra. Jangan menggunakan deterjen yang kuat saat mencuci bra agar tak merusak kain dan menurunkan kualitas bahan.

Apalagi kalau bra berbahan lycra atau spandex, bisa-bisa bra akan cepat melar. Hindari juga penggunaan deterjen bubuk yang mengandung pemutih. Sedangkan deterjen cair kemungkinan akan mengatasi masalah lebih baik, dan mencegah serat-serat kain yang halus rusak.

3. Gunakan tas pakaian khusus untuk pakaian dalam

5 Tips jitu mencuci bra di mesin cuci ini dijamin bikin awet, top!

Salah satu masalah saat mencuci bra dengan mesin cuci adalah kait bra yang tersangkut dan merusak pakaian lainnya. Nah, dengan memasukkan bra ke dalam tas pakaian khusus, gerakan tarik-menarik yang terjadi ketika mesin berputar dapat dikurangi dan mencegah  bra kusut dengan pakaian lain. Tapi pastikan untuk memiliki tas pakaian khusus yang tidak terlalu tebal, biar bra kesayangan kamu bisa sepenuhnya bersih saat pencucian.

4. Jangan mencampur bra dengan pakaian lain yang berbeda warna

5 Tips jitu mencuci bra di mesin cuci ini dijamin bikin awet, top!

Apabila kamu mencuci bra dengan pakaian lain, pastikan untuk tidak mencampur warnanya. Cuci bra putih dengan pakaian yang berwarna putih atau terang. Pastikan untuk mencuci bra berwarna terang (seperti krem atau pastel) dengan pakaian lain yang berwarna terang dan mencuci bra berwarna gelap (seperti biru laut dan hitam) dengan pakaian lain berwarna gelap. Mencampur warna akan menyebabkan warna pakaian luntur dan menghasilkan warna yang keruh dan pudar.

5. Keringkan bra secara alami

5 Tips jitu mencuci bra di mesin cuci ini dijamin bikin awet, top!

Proses pengeringan menggunakan pengering di mesin cuci jadi bagian yang paling merusak bra. Selain itu, pengering pada mesin cuci akan membuat bahan katun dan kawat bra berubah bentuk, menyusut atau robek. Jadi lebih baik kamu mengeringkan bra secara alami dengan cara digantung pada hanger tapi jangan dijemur langsung di bawah terik matahari untuk mencegah warna bra jadi memudar. Cukup diangin-anginkan setelah mencuci bra.