×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
3 Mahasiswa ITS ini berhasil ciptakan kapal penghasil listrik, brilio!

View Image

0

BRILIO » News

3 Mahasiswa ITS ini berhasil ciptakan kapal penghasil listrik, brilio!

Meski masih dalam bentuk prototype, karya mereka sudah teruji karena sudah dites terlebih dahulu di Laboratorium Hidrodinamika ITS.

07 / 12 / 2015

Brilio.net - Kreativitas mahasiswa memang seakan tiada henti. Buktinya adalah inovasi-inovasi buah pemikiran mahasiswa yang terus bermunculan.

Nah, kali ini inovasi terbaru muncul dari tiga mahasiswa Fakultas Teknologi Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Tiga mahasiswa tersebut sukses menciptakan kapal yang bisa menghasilkan listrik sendiri.

Mereka adalah Wisnu Arianto, Muhamad Sirojudin, dan Madi. Karya tiga mahasiswa itu bulan lalu berhasil menang di ajang International Conference for ASEAN Science and Technology Students (ICASTS) 2015.

Wisnu dan kawan-kawan berhasil menggagas desain kapal yang mampu menghasilkan listrik untuk memenuhi kebutuhan energi kapalnya sendiri. Energi listrik tersebut dihasilkan dari putaran turbin di antara baling-baling kapal dan kemudi yang dikonversikan menjadi generator.

"Kami melakukan inovasi ship propeller technology dengan memanfaatkan energi yang hilang. Energi listrik yang dihasilkan juga bisa dimanfaatkan untuk alat pendingin ikan," kata Wisnu seperti dilansir brilio.net dari situs resmi ITS, Senin (7/12).

Loading...

Meski masih dalam bentuk prototype, tapi keberhasilan karya Wisnu dan kawan-kawan sudah teruji, karena sebelum dilombakan desain prototype itu sudah dites terlebih dahulu di Laboratorium Hidrodinamika ITS.

Wisnu menerangkan jika ICASTS 2015 yang diselenggarakan di Yogyakarta diikuti oleh 300 peserta mulai dari mahasiswa hingga profesional. Ia sendiri tak menyangka jika paper buatan timnya keluar sebagai terbaik kedua dari 50 tim yang beradu di ASEAN Paper Competition.

3 Mahasiswa ITS ini berhasil ciptakan kapal penghasil listrik, brilio!

Wisnu mengungkapkan jika lomba yang bertema Sustainable Development in Application of Science and Technology for ASEAN Community 2020 itu hanya meloloskan 30 judul. Dari 30 tim yang ada, dipilih 15 tim untuk berlaga pada tahap selanjutnya. Lalu dipilihlah lima tim terbaik untuk mempresentasikan karyanya hingga akhirnya terpilih karya tiga mahasiswa ITS itu sebagai juaranya. Mereka bertiga tak menyangka jika gagasannya itu mendapat banyak pujian dan respons positif.

"Jangankan menang, lolos sampai tahap presentasi saja tidak menyangka," kenang Wisnu.

Namun hingga kini desain prototype itu belum mereka publikasikan gambarnya. Kamu tentu penasaran kan?

Wah, selamat ya! Semoga bisa secepatnya direalisasikan secara nyata.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more