Brilio.net - Skena musik indie memang selalu menarik diperbincangkan. Kendati jarang mendapat sorotan publik, namun tak jarang band indie bikin kejutan. Hal inilah yang dilakukan grup band indie, Redsix.

Di tengah merebaknya pandemi Covid-19, band yang beranggotakan Hardendias Wisesa Nugroho (vokal), Kevin Jansen (gitar), Wicaksono Partosewojo (gitar), Kharisma Riyahasa Nanda Putra (drum) dan Aria Rangga Permana (bass) justru bikin “bising” skena musik internasional.

Redsix © 2021 brilio.net

Grup musik asal Jakarta Selatan ini terpilih sebagai pemenang di kategori Best Rock Band 2020 pada ajang penghargaan musik Clouzine International Music Awards Fall 2020. Clouzine merupakan majalah musik daring, yang cakupan ulasannya meliputi berbagai genre, termasuk electronic, world music, experimental hingga classical yang menggeliat di skena independen.

Pada ajang penghargaan tahunan tersebut, pihak Clouzine menilai berbagai karya musik yang didaftarkan. Para pemenang di berbagai kategori diputuskan tim Billboard serta beberapa jurnalis musik Eropa.

Redsix © 2021 brilio.net

Dalam mengeksekusi penilaiannya, tim tersebut benar-benar hanya menilai berbagai karya musik yang telah didaftarkan, tanpa disertai informasi mengenai asal artis atau bandnya.

Single berjudul Vessel yang dirilis pada Maret 2020 lalu mengantarkan Redsix meraih penghargaan tersebut. Hebatnya lagi, Vessel bukan sekali itu saja merebut perhatian audiens mancanegara.

Juni tahun lalu, lagu tersebut juga berhasil mendapat pengakuan dan pujian di berbagai negara. Bahkan lagu tersebut diputar di berbagai stasiun radio di beberapa negara di Eropa seperti Inggris, Jerman, Perancis, Swedia. Lagu tersebut juga diputar di Afrika Selatan, New Mexico, Venezuela, Kanada, Amerika Serikat dan Australia.

Redsix © 2021 brilio.net

Kendati banjir pujian, tak membuat Redsix besar kepala. Justru puja-puji tersebut semakin memacu adrenalin para personel Redsix untuk terus berkarya. Terbukti, grup band ini pun merilis single terbaru berjudul Yorkie yang dirilis pada 24 Juni 2021 lalu.

Lagu ini terinspirasi dari episode serial di Netflix yang sangat popular. Di liriknya, menjelaskan tentang bagaimana menentukan keputusan yang sangat tepat, meskipun pastinya selalu ada hal dari kehidupan sebelumnya yang menahan dan sangat mengganggu secara emosional. 

Redsix © 2021 brilio.net

Yorkie berdasar dari kisah cinta tentang pasangan yang ingin melaju untuk lebih baik bagi satu sama lain, namun banyak hambatan dan keraguan dalam diri karena masa lalu,” ujar Wisesa seraya mengatakan bagaimana Redsix meramu Yorkie dengan pendekatan sound yang lebih berat, bernuansa emo atau modern rock.

Yorkie kini sudah bisa diakses di seluruh platform digital (streaming). Redsix berharap, single terbaru mereka itu dapat memberikan kontribusi baru dalam skena musik independen di Indonesia, yang sudah sangat berkualitas.

Nih single terbaru Redsix, Yorkie