Brilio.net - Mendengar kata nostalgia, pasti ingatan banyak orang bakal mengaitkannya dengan generasi 1990-an atau bahkan 1980-an. Namun di era digital yang sarat aktivitas di media sosial, nostalgia justru berubah menjadi diary bagi generasi Z (Gen Z), mereka yang lahir antara tahun 1995-2015-an.

Di kalangan Generasi Z, aktivitas mereka di media sosial memiliki konsep dan bertema nostalgia. Beberapa tagar yang dipakai seperti #throwback dan #childhood, menjadi sebuah ajang berbagi cerita pribadi dengan teman-teman di media sosial.      

Taj Dharmadji © 2020 brilio.net

Generasi Z yang sangat erat dengan aktivitas digital telah melahirkan budaya baru yang dikenal dengan istilah internet cool kids. Kegiatan mereka erat dengan media sosial mulai dari bersosialisasi, menjalin pertemanan, hingga tentang kisah percintaan mereka. Generasi inilah yang tepat menggambarkan penyanyi pendatang baru bernama Taj Dharmadji, melalui lagunya yang berjudul Nostalgia.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Lahir di era internet dan media sosial, Taj Dharmadji menjalani kehidupannya sebagai salah satu internet cool kids. Dengan tersedianya banyak referensi di internet serta pengalaman pribadinya, Taj Dharmadji pun berkreasi melahirkan lagu Nostalgia, yang dia tulis sendiri.

Taj Dharmadji © 2020 brilio.net

Sebagai Generasi Z, smartphone menjadi tempat Taj Dharmadji bernostalgia akan kenangan yang sudah berlalu. Taj Dharmadji mewakili deretan internet cool kids, yang berkarya di tengah pandemi ini. Lagu Nostalgia mewakili Generasi Z banget! Karena lagu ini menceritakan tentang hubungan di masa lalu.

Istilah nostalgia sering dikaitkan dengan hal-hal retro dan nuansa vintage, justru menjadi faktor yang menonjol didalam proses produksi lagu dan video musik Nostalgia. Melalui lagu Nostalgia, Taj Dharmadji ingin mewakili kisah percintaan yang dialami orang seusianya. Berbagai inspirasi dia temukan di internet. Mulai dari Justin Bieber, James Bay, Harry Styles, H.E.R, Catie Turner.

Taj Dharmadji © 2020 brilio.net

Beberapa lirik dalam lagu Nostalgia pun sangat mewakili percintaan Generasi Z. Seperti pada lirik Clickin on your profile, seeing who you hanging around. Lirik tersebut menggambarkan bagaimana media sosial membuat kita ingin tahu bagaimana keadaan sang mantan, yang akhirnya justru setelah melihat foto dan video dirinya, malah membuat kita ber-nostalgia akan kenangan indah bersama sang mantan.

Hal ini membuat sosial media penuh dengan ironi. Di mana kita dapat melihat apa yang dilakukan seseorang, namun justru hal tersebut malah membuat kita mengingat masa-masa indah bersama dia. Single perdana Taj Dharmadji yang juga diproduseri Passion Vibe ini, bisa kita nikmati di seluruh kanal musik digital. Tunggu apa lagi? Yuk kita jadikan lagu terbaru Taj Dharmadji, sebagai soundtrack saat bernostalgia.

(brl/red)