Brilio.net - Apa yang Sobat Brilio lakukan saat sudah nggak lagi satu frekuensi dengan pasangan? Umumnya, hubungan semacam ini akan berakhir perpisahan, daripada terus menyakiti satu sama lain. Situasi inilah yang ingin disampaikan musisi muda Luthfi Aulia dan Feby Putri, lewat lagu baru bertajuk Naradira.

Menengok sepak terjang keduanya, Luthfi Aulia merupakan penyanyi yang terkenal lewat cover lagu-lagu hits di kanal Youtube-nya. Karier musiknya dimulai saat ia membuat band bersama Kevin Aprilio, yang diberi nama Kevin & The Red Rose. Lalu pada 2018, Luthfi memutuskan bersolo karier dan merilis single perdana berjudul Ragu.

Kini pada 2020, cowok yang juga pernah bikin film pendek berjudul Who’s There? bareng kelompok film maker Befourion itu, merilis single kolaborasi bersama Feby Putri.

Nah, kalau Feby Putri, dia seorang YouTuber dan selebgram asal Makassar. Bermula dari Instagram, Feby dan Luthfi sudah saling kenal sejak 2015. Mereka juga pernah bikin cover lagu bareng saat mereka masih terpisah jarak Jakarta-Makassar.

"Terus pas Feby udah di Jakarta, kita buat cover bareng lagi. Lalu saat gue mau buat single baru lagi, ada masukan dari pihak Label Recording gue untuk buat single kolaborasi, karena single sebelumnya kan sendiri. Di situ gue kepikiran buat ajak Feby," terang Luthfi.

Semula Feby mengaku enggan mengambil proyek anyar dari Luthfi sebab disangkanya untuk cover lagu. Namun pikirannya berubah saat tahu bahwa kali ini adalah karya original.

"Tapi ternyata ini tuh lagu original dan aku excited banget karena ini soal karya. Di mana aku juga enggak pernah ada di lagu original yang konsepnya duet, makanya aku terima tawaran ini," ungkap Feby yang pada 2019 lalu merilis single viral berjudul Halu.

Asal-muasal lagu Naradira

Naradira, kisah bijak mencari bahagia ala Luthfi Aulia & Feby Putri berbagai sumber


Lagu Naradira diciptakan sendiri oleh Luthfi Aulia dan Feby Putri bersama dua rekan musisi lain, yaitu Muhammad Yaqi dan Hilmi Gantara. Lagu dengan genre Folk ringan ini mengisahkan hubungan cinta yang sedang berada di titik jenuh. Lantunan musik dan petikan gitar akustik dimainkan dengan apik dan sederhana. Bait demi bait dari lirik lagu dituturkan dengan sopan dan sejuk masuk ke telinga, seolah lagu ini mengisyaratkan sebuah perpisahan yang tenang.

“Sebenarnya lagu ini tentang sebuah hubungan yang dirasa sudah tidak satu frekuensi lagi. Daripada saling menyakiti lebih dalam lagi, jadi lebih baik diudahin aja. Jadi kayak udah berada di ujung perpisahan," jelas Luthfi.

Dalam proses pencarian judul lagu, mereka terinspirasi dari dua nama karakter dalam video teaser yang lebih dahulu dirilis di kanal YouTube Luthfi Aulia. Setelah meriset makna kata Nara dan Dira, yang mana Nara itu bahagia dan Dira artinya bijak, Luthfi menyimpulkan filosofi makna lagu barunya.

"Kalau gue gabung, bisa diartikan sebagai bijak dalam mencari kebahagiaan," ujar Luthfi soal asal-muasal Naradira.

Sepakat dengan Luthfi, Feby mencoba memaknai judul lagu dengan kisah yang ingin mereka sampaikan pada pendengar.

"Buat aku, untuk keseluruhan makna Naradira itu bukan tentang awal dua insan yang bersatu lalu kasmaran, melainkan mereka itu sudah bersatu namun berada di titik jenuh dan akhirnya memutuskan untuk berjalan masing-masing agar tidak saling menyakiti," tambah Feby Putri.

Karya kreatif yang lahir di tengah pandemi

Naradira, kisah bijak mencari bahagia ala Luthfi Aulia & Feby Putri berbagai sumber


Lagu Naradira lahir di tengah pandemi. Para penciptanya melakukan proses pembuatan secara virtual. Bahkan Feby mengatakan dalam memberikan ide-ide notasi atau lirik, ia banyak mengirimkan melalui bantuan Voice Note.

“Memang kita lebih banyak ngobrol via Zoom Meeting untuk cari nada, cari lirik, lalu mood lagunya mau seperti apa nanti. Gue inget banget saat itu bulan puasa. Dan kita baru ketemu secara langsung itu pas rekaman studio. Untuk genre-nya Folk, karena ini single kolaborasi kita pengennya lebih mengalir dan bebas aja dalam meng-explore musik di lagu ini," jelas Luthfi.

“Semoga lagu ini banyak yang suka dan singgah di tempat yang terbaik. Semoga proses kami dalam menggarap lagu ini pun terbayarkan dan bisa diterima oleh orang-orang baik di luar sana," tutup Feby.

Penasaran dengan lagu mereka? Simak video berikut, yuk!