×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Sebelum konser, Iwan Fals selalu lakukan “ritual hijau” ini

View Image

0

BRILIO » Musik

Sebelum konser, Iwan Fals selalu lakukan “ritual hijau” ini

foto-foto: Brilio.net/Yani Andryansjah

Untuk memberikan berkah pada banyak orang

17 / 12 / 2018 16:00

Brilio.net - Penyanyi legendaris Iwan Fals selalu melakukan “ritual” khusus sebelum melakukan konser. Tapi jangan dipikir ritual yang berbau mistis ya? Musisi legendaris bernama asli Virgiawan Listanto ini selalu melakukan serah terima bibit pohon kepada pihak penyelenggara konser.

Cara ini dilakukan musisi yang pernah didapuk sebagai Asian Heroes versi Majalah Time Asia edisi 29 April 2002 untuk mengajak semua pihak ikut menyumbang oksigen lewat pohon yang ditanam.

Ritual ini juga yang dilakukan Iwan Fals sebelum menggelar e-Concert bertajuk “Nyanyian Yang Tersimpan" di Live Space LOT8 SCBD, Jakarta Selatan, Minggu (16/12/2018).

Iwan Fals eConcert © 2018 brilio.netIwan Fals dan Cikal

“Jadi setiap konser atau tur Bapak selalu minta disediakan bibit pohon untuk diserahkan. Jadi ada daftar permintaan, minimal dua,” ujar Direktur PT Tiga Rambu yang juga anak Iwan Fals, Annisa Cikal Rambu Basae.     

Loading...

Pohon pelangi dan jati mas adalah dua jenis pohon yang sering diserahkan. Pemilihan ini, kata Cikal, tergantung tema konser dan ketersediaan bibit yang bisa disediakan. Upaya ini sebagai bentuk kecintaan Iwan Fals kepada lingkungan hidup.

“Pohonnya cantik banget. Ketika tumbuh besar nanti kulitnya terkelupas dan berubah warnanya mirip warna pelangi,” kata Cikal.

Iwan Fals eConcert © 2018 brilio.net

Nah karena pohon ini tidak banyak maka saat ini pihak Tiga Rambu ingin melestarikan agar lebih banyak lagi pohon unik ini. Cara ini sebenarnya sudah dilakukan sejak awal era 1980-an, bahkan sebelum Cikal lahir.

“Tapi aku ikutan menanam saat masih kecil kalau tidak salah pada tahun awal 2000-an. Jadi benar-benar sudah siap konser jika minimal sudah ada dua pohon untuk ditanam,” terang Cikal.  

Dengan cara ini, paling tidak yang menanam pohon bisa berkontribusi menyumbang oksigen. “Oksigen. Sesimpel itu saja. Berkah buat banyak orang. Menanam satu pohon karena Indonesia paru-paru dunia,” katanya.

Iwan Fals eConcert © 2018 brilio.net

Hingga saat ini sudah jutaan batang pohon yang ditanam Iwan Fals. Apalagi, pelantun “Oemar Bakrie” itu sudah pernah ikut program penanaman sejuta pohon. Wah salut deh.  





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    100%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more