Brilio.net - Rabu (7/12) dini hari Kabupaten Pidie Jaya, Aceh diguncang gempa bumi berkekuatan 6,5 skala Ritcher. Lebih dari 100 orang meninggal dunia, sementara ratusan lainnya mengalami luka berat dan ringan.

Selain korban jiwa, gempa yang menguncang bumi Serambi Mekkah ini juga menyebabkan kerugian materi. Rumah-rumah dan fasilitas umum banyak mengalami kerusakan. Perhatian dari daerah lain berdatangan. Lembaga-lembaga amal mencurahkan bantuan dalam bentuk uang maupun barang.

gugur gunung  gugur gunung

Kepedulian terhadap Aceh juga datang dari Yogyakarta. Senin (19/12) malam musisi Jogja menggelar konser amal bertajuk  #GugurGunung Untuk Aceh. Sebagai informasi, Gugur Gunung merupakan  istilah dalam masyarakat Jawa yang berarti bersama-sama menyelesaikan sebuah urusan, turun tangan, atau gotong royong. Tanda pagar #GugurGunung ini telah digunakan berulangkali oleh para musisi di Yogyakarta untuk kegiatan konser amal, seperti untuk konser amal letusan Merapi 2010, konser amal untuk korban pembantaian masyaraklat sipil Palestina pada 2012, serta konser amal untuk peristiwa meletusnya Gunung Kelud dan Sinabung pada 2014.

gugur gunung  gugur gunung

Loading...

Musisi Jogja seperti FSTVLST, Frau, NDX A.K.A Familia, dan Jogja Hip hop Foundation akan ikut meramaikan konser malam nanti. Tiket masuk sekaligus donasi minimal sebesar Rp 25.000. Semua hasil penjualan tiket akan didonasikan untuk korban gempa Pidie Jaya Aceh.