Brilio.net - Beberapa waktu lalu media sosial dihebohkan dengan video viral ayam menyanyikan lagu Asal Kau Bahagia. Banyak akun media sosial yang membagikan atau mengunggah ulang video tersebut. Nah, kira-kira siapa sih biang keladi pembuatan video yang sukses bikin orang baper sekaligus ketawa ngakak tersebut?

Brilio.net akhirnya kenalan nih sama Fardan Afda Fazayubdina Baihaqi atau lebih dikenal dengan Faza, si pembuat video viral tersebut.

Kepada brilio.net, Selasa (15/8), Faza berbagi cerita tentang kariernya di dunia musik, termasuk videonya yang viral tersebut. Bahkan karya terbarunya ada kucing nyanyi Eta Terangkanlah, lho.

Nah, cek yuk kisah dari cowok 22 tahun ini.

Loading...

1. Belajar musik sejak kecil.

Faza ternyata telah belajar musik sejak kelas 4 SD. "Saya juga pernah les piano dulu, sampai kelas 6 SD," ungkapnya.

2. Menjajal speech composing.

Faza merambah dunia speech composing dalam karier bermusiknya sekitar tahun 2016. Dia mengadopsi speech composing yang telah lebih dulu dipopulerkan oleh Eka Gustiwana dengan mengubah objeknya berupa suara-suara binatang.

"Jadi rasanya pengen bikin berbeda gitu. Kepikirannya pakai suara-suara binatang, akhirnya coba bikin. Dan, pertama kali aku bikin animal speech composing itu sekitar delapan bulan yang lalu," jelas Faza.

Dia juga nggak menyangka kalau video ayam menyanyikan lagu Armada berjudul Asal Kau Bahagia bisa begitu viral di berbagai media sosial, mulai dari YouTube, Facebook, Instagram, dan sebagainya.

"Saya seneng sih, karya yang diawali iseng, bisa dinikmati banyak orang, dan mereka pada ketawa," lanjut cowok yang juga menggarap proyek musik dan lagu untuk klien ini.

3. Pengen kolaborasi.

Sejauh ini, Faza sudah sempat kolaborasi dengan salah satu creator Instagram bernama Alif rizky, dengan menggubah lagu Despacito ke dalam versi Bahasa Jawa. Nah, kalau khusus untuk speech composing, Faza berharap bisa kolaborasi dengan Eka Gustiwana, atau bahkan komposer-komposer Indonesia lainnya.

4. Suka duka dalam mengerjakan speech composing suara hewan.

Bagi Faza, ada kesulitan utama dalam membuat speech composing lagu-lagu, terutama dengan suara hewan.

"Saya harus bikin sesuatu yang bisa bikin orang ketawa. Nah, itu susah," kata cowok yang juga membentuk group band bernama Mahardhika bareng kawan-kawannya ini.

Namun, kalau sudah viral dan banyak yang menonton sekaligus sukses bikin orang ketawa, Faza merasa upayanya benar-benar terbayar. Apalagi kalau dia bisa menyuguhkan langsung di hadapan para penikmat karyanya.

Seperti yang dia alami saat diundang sebuah stasiun TV nasional beberapa waktu lalu. Dalam acara di TV tersebut Faza membahas tentang video-video yang dibuat secara live di hadapan para penonton sekaligus kru TV. Tak nyana, ternyata hal tersebut membuat seluruh orang yang hadir di studio tertawa serentak.

"Wah... itu bener-bener seneng banget!" seru cowok yang merintis usaha kuliner ayam geprek Dek Lastri di salah satu sudut Jakarta ini.

5. Cita-cita di dunia musik.

Sebagai musisi, cowok yang pernah perform bareng Siti Nurhaliza dan Yuna dalam acara Yonder Music's First Anniversary pada November 2016 lalu di Malaysia ini, ingin menjadi pencipta lagu andal. Sebut saja seperti Melly Goeslaw, Opick, Dewi Lestari, dan banyak lagi.

6. Dari Faza untuk kamu yang udah bikin karyanya viral.

fazayubdina Instagram/@fazayubdina

foto: Instagram/@fazayubdina

"Pokoknya makasih buat temen-temen yang udah repost. Jadi banyak yang nonton video saya," pungkas Faza.

Wah... semangat terus, Faza! Ditunggu karya-karya keren dan gokil selanjutnya.