Brilio.net - Masyarakat Indonesia dekade '80-an dan '90-an dahulu memang memiliki keterbatasan pilihan dalam menikmati acara televisi. Hal ini membuat banyaknya sinetron, serial Mandarin hingga telenovela menjamur dan masyarakat pun menanti-nanti di depan layar televisi.

Yang menarik, lagu pengiring alias soundtrack yang selalu diputar di awal atau akhir serial, membuat OST tersebut juga ikut melegenda. Beberapa lagu seolah memiliki kaitan yang tidak terpisahkan dari serial. Nah, apa saja? Yuk simak ulasan brilio.net di bawah ini!

1. Siapa yang Merubah Hatiku - OST Pendekar Rajawali (Return of The Condor Heroes).

Lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi berbadan mungil, Yuni Shara dan hampir bisa dihafal oleh remaja generasi '90-an.

Loading...

2. Marimar - OST Marimar.

'Marimar, aw!', seperti itulah lirik pertama yang paling diingat oleh generasi '90-an yang setia menonton telenovela Marimar ini.

3. Hau Siang Hau Siang - OST Kabut Cinta.

Sebelum drama Korea meledak di pasaran Indonesia, para remaja gen '90 dulu sering disajikan dengan drama-drama romantis asal Taiwan dan China, salah satunya Kabut Cinta. Salah satu OST-nya, Hau Siang Hau Siang adalah lagu yang paling diingat ketika ada yang menyebut Kabut Cinta. Bener kan?

4. 1000 Tahun Menanti - OST Legenda Ular Putih.

Serial ini sempat booming dengan kisah cintanya yang legendaris. Antara manusia dengan siluman yang sakti, namun terhalang oleh takdir dan seorang biksu yang memburu siluman ular bersaudari ini. Lagu bahasa China dari serial ini juga dinyanyikan kembali oleh penyanyi Indonesia dengan judul '1000 Tahun Menanti'.

5. Tersanjung - OST Tersanjung.

Nah kalau lagu ini sudah dikumandangkan di televisi pada hari Jumat, itu tandanya sinetron kesayangan masyarakat Indonesia di tahun '90-an, Tersanjung, sudah dimulai. Wah, jadi kangen kan?

Lagu "Tersanjung" mengusung nuansa pop melankolis, lengkap dengan suara vokal latar yang menyahut pada bagian reffrain.

6. Amigos x Siempre - OST Telenovela Amigos x Siempre.

Nah selain telenovela percintaan, telenovela yang bertema persahabatan juga pernah tayang di Indonesia. Salah satu yang booming saat itu adalah Amigos x Siempre. Anak-anak zaman dulu pasti sampai mengumpulkan poster-poster dan merchandise yang lainnya kan? Bahkan sebuah majalah remaja Indonesia sampai memuat lirik lagu buat OST ini. Biar cepet hafal ya?

7. Harta Berharga - OST Keluarga Cemara.

Keluarga Cemara masuk sebagai sinetron yang layak ditonton oleh semua kalangan karena ceritanya yang berkisah tentang potret kehidupan keluarga sederhana namun bahagia. Sinteron ini menjadi tontonan wajib generasi yang tumbuh di dekade '90-an. OST yang berjudul Harta Berharga pun ikut meledak seiring dengan kesuksesan sinetron ini.

8. Si Doel Anak Sekolahan - OST Si Doel Anak Sekolahan.

Rasanya bakalan kurang kalau nggak masukin lagu yang satu ini. Si Doel Anak Sekolahan ini memang legend banget deh. Hingga saat ini, lagu 'Si Doel Anak Sekolahan' masih kerap terdengar dibawakan, terutama dalam acara-acara yang berkaitan dengan budaya Betawi. Lagu 'Si Doel Anak Sekolahan' diciptakan oleh Syuman Tiasa dan dinyanyikan langsung pemain utamanya, Rano Karno.

9. Kulakukan Semua Untukmu - OST Kehormatan.

Lagu duet Fathur dan Nadila ini memang hits banget. Menjadi soundtrack sinetron prime time yang berjudul 'Kehormatan' yang dibintangi Primus Yustisio dan Nafa Urbach, lagu ini pun jadi ikut meroket kala itu, dan menjadi kebangkitan lagu pop non-band. Lagu ini juga udah diremake oleh RAN yang juga nggak kalah kecenya.

10. Wiro Sableng - OST Wiro Sableng.

Siapa yang bakalan lupa dengan tingkah kocak dari si Wiro Sableng. Wiro Sableng atau Pendekar 212 ini sebenarnya adalah tokoh fiksi serial novel yang ditulis oleh Bastian Tito dan diangkat menjadi sinteron. Wiro terlahir dengan nama Wira Saksana yang sejak bayi telah digembleng oleh gurunya yang terkenal di dunia persilatan dengan nama Sinto Gendeng. Wiro adalah seorang pendekar dengan senjata Kapak Maut Naga Geni 212 dan memiliki tato '212' di dadanya. Nah kisah hidupnya ini beneran tergambar dari OST.nya sendiri lho Sobat Brilio!

Gimana, setelah mendengar kesepuluh OST di atas, kamu jadi kangen pengen nonton lagi nggak?