Brilio.net - Dalam sejarah perfilman, Indonesia mengalami masa keemasan pada era 80an dengan banyaknya film-film remaja, komedi, dan keluarga. Walaupun sempat tenggelam di tahun 90an, film Indonesia pun akhirnya kembali bangkit di awal tahun 2000.

Dalam sebuah film, pasti nggak terlepas dari soundtrack atau lagu pengiring dari film tersebut. Nah di antara sekian banyak film di Indonesia, pastinya ada beberapa lagu soundtrack dari film Indonesia yang paling diingat dan seketika bisa teringat filmnya ketika kita mendengarkan lagu tersebut. Wah, apa aja sih?

Yuk simak daftar Original Sountrack (OST) film Indonesia paling populer sepanjang masa versi brilio.net di bawah ini.

1. Ada Apa Dengan Cinta - Melly G ft. Eric (Ada Apa Dengan Cinta - 2002)

ost indo memorable © 2017 brilio.net

Loading...

Soundtrack lagu yang memiliki judul yang sama dengan filmnya ini memang paling diingat karena bersamaan dengan filmnya yang memborong 4 Piala Citra Festival Film Indonesia tahun 2004.

Lagu ini juga memuncaki tangga lagu nasional. Sejak saat itulah, Melly bersama dengan Anto Hoed sering didapuk untuk menjadi pengisi dan arranger soundtrack dalam sebuah film.

2. Laskar Pelangi - Nidji (Laskar Pelangi - 2008)

ost indo memorable © 2017 brilio.net

Lagu ini terdapat dalam album OST Laskar Pelangi yang diproduseri oleh Mira Lesmana. Koneksi yang kuat antara lagu dan film ini menjadikan lagu yang dinyanyikan oleh Giring cs ini gampang diingat dan nggak jarang bisa bikin kita teringat akan masa kecil deh.

3. Jagoan - Sherina (Petualangan Sherina - 2000)

Dia pikir dia yang paling hebat

merasa paling jago dan paling dahsyat...

Kalau kamu membaca lirik di atas pasti langsung teringat dengan adegan Sherina dan Derby dalam film Petualangan Sherina, kan? Lagu ciptaan Sherina Munaf yang terdapat pada album Petualangan Sherina ini memang paling diingat generasi 90an.

4. Ayat-ayat Cinta - Rossa (Ayat-Ayat Cinta - 2008)

ost indo memorable © 2017 brilio.net

Lagu ini juga paling memorable dan memiliki koneksi kuat dengan filmnya sendiri. Lagu karya Melly G ini dinyanyikan oleh salah satu Diva Indonesia, Rossa. Bikin baper banget pokoknya.

5. Ketika Cinta Bertasbih - Melly ft. Amee (Ketika Cinta Bertasbih - 2009)

ost indo memorable © 2017 brilio.net

Melly G kembali dipercaya untuk menggarap soundtrack dari film bernuansa reliji 'Ketika Cinta Bertasbih' yang diangkat dari pembuat novel Ayat-ayat Cinta, Habiburrahman El Shirazy. Sama-sama bikin bapernya nih.

6. Dealova - Once (Dealova - 2005)

Lagu yang dinyanyikan oleh vokalis Dewa ini merupakan OST untuk film Dealova. Lagu yang merupakan ciptaan Opick ini juga mencatat rekor dengan mendongkrak penjualan album hingga 250 kopi.

7. My Heart - Septriasa & Irwansyah (Heart : 2006)

ost indo memorable © 2017 brilio.net

Lagu ini menjadi populer, seiring dengan popularitas filmnya, Heart di tahun 2006. Dinyanyikan oleh dua tokoh utamanya, Acha Septriasa dan Irwansyah, menjadikan lagu garapan Melly G jadi lagu wajib para remaja kala itu.

8. Garuda Di Dadaku – Netral (Garuda Di Dadaku - 2009)

ost indo memorable © 2017 brilio.net

Garuda Di Dadaku cukup sukses menyentuh kalangan pecinta olahraga rakyat ini, yaitu sepakbola. Bercerita mengenai perjuangan seorang anak yang bercita-cita ingin menjadi pemain sepakbola hebat tapi mendapat tentangan dari sang kakek karena merasa masa depan pemain sepakbola tidak jelas.

Soundtrack Garuda di Dadaku dengan judul yang sama yang dibawakan oleh Netral ini sampai sekarang menjadi salah satu lagu kebangsaan para pecinta sepak bola Indonesia lho.

9. Cinta Sejati – Bunga Citra Lestari (Habibie & Ainun - 2012)

ost indo memorable © 2017 brilio.net

Lagu yang merupakan garapan Melly G. dan dinyanyikan oleh Bunga Citra Lestari ini sempat hits dan sering diputar di radio dan televisi seiring dengan boomingnya film Habibie & Ainun.

10. Peterpan (Noah) - Tak Bisakah (Alexandria - 2005)

Lagu ini menjadi andalan dalam album soundtrack film Alexandria (2005). Label Musica Studio's yang menangani band yang dulu bernama Peterpan ini saat itu menggarap album ini dengan tidak tanggung-tanggung dalam hal promosi.

Mereka merilis album Alexandria dengan ditayangkan secara langsung di benam stasiun televisi. Selain mencatatkan sejarah baru, dalam hal penjualan album ini masuk ke dalam album OST paling laris dengan angka penjualan 1 juta kopi.

11. Bendera – Cokelat (Bendera - 2002)

Film Bendera karya Nan Achnas ini mungkin kurang sukses di pasaran. Tapi lagu Bendera yang dibawakan grup band Cokelat sebagai soundtrack film ini dinilai cukup sukses mengena hati masyarakat. Lagu ini pada akhirnya jadi lagu wajib 17 Agustusan atau hari-hari yang berhubungan dengan nasionalisme.

12. Melompat Lebih Tinggi - Sheila on 7 (30 Hari Mencari Cinta - 2004)

ost indo memorable © 2017 brilio.net

Lagu yang diproduksi oleh Sony Music Indonesia ini berhasil menjadi trademark tersendiri untuk film 30 Hari Mencari Cinta garapan Upi. Untuk penjualan, album ini laku terjual hingga mencapai angka 500 ribu kopi lho.