Brilio.net - Penyanyi pendatang baru, Nidewi Aruma atau yang lebih dikenal dengan nama Aruma, berhasil mendapat sambutan positif dari para penikmat musik Tanah Air. Hal ini terbukti dari video musik “Muak” yang tayang di kanal Youtube pribadinya telah ditonton sebanyak 13 juta kali dalam kurun waktu tujuh bulan terakhir.

Setelah “Muak”, Aruma kembali lagi dengan single kedua yang masih ditulis Aditya Sahid. Mengambil judul “Ekspektasi”, lagu ini ditulis Adit bersama dengan Raim Laode yang sekaligus menjadi teman duet Aruma. Saat diminta berduet dengan Raim pun, gadis kelahiran Bandung, 3 September 2003, ini langsung setuju.

Aruma berkolaborasi dengan Raim Laode © Istimewa

foto: Istimewa


“Aku senang sekali bisa berduet dengan Kak Raim karena dia punya karakter suara yang kuat dan karya-karyanya juga indah. Kolaborasi ini juga memberiku pengalaman yang baru dan banyak ilmu yang aku dapat di sini," ujar Aruma.

Raim pun juga menyambut baik kolaborasinya bersama Aruma ini. Menurutnya, penyanyi muda tersebut memiliki kombinasi yang tepat untuk masuk ke industri musik.

“Senyuman dan suara yang santun akan menjadi senjatanya untuk mengarungi perjalanan yang panjang. Aku senang bisa menyaksikan, bahkan menjadi bagian, perjalanan Aruma," terang Raim Laode.

Meski pengerjaan single ini tidak memakan waktu terlalu lama, namun Aruma mengakui adanya tantangan tersendiri dibandingkan saat mengerjakan lagu pertamanya.

Aruma berkolaborasi dengan Raim Laode © Istimewa

foto: Istimewa

“Berbeda dengan “Muak” yang aku nyanyikan dari perspektifku sendiri, di lagu ini, aku harus bisa menyampaikan dengan baik dua sudut pandang yang berbeda. Kami harus menghasilkan nada yang harmonis dengan lirik yang padu sehingga makna lagu ini sampai ke para pendengarnya, tambah Aruma.

Menurut Raim, proses rekaman “Ekspektasi” tidak sesulit yang dibayangkan, kecuali di bagian mencari nada dasar.

“Suara laki-laki dan perempuan sendiri cenderung berbeda karena nada dasar di suara perempuan jauh lebih tinggi dari laki-laki. Tantangannya mungkin adalah mencari nada dasar yang nyaman untuk dinyanyikan saya dan Aruma,” jelasnya.

Menulis “Ekspektasi” bersama Adit, Raim memaparkan bahwa lagu ini bercerita tentang realita yang sering terjadi pada manusia sekarang, bersahabat dengan ekspektasi dan akrab dengan sakit hati.

Aruma berkolaborasi dengan Raim Laode © Istimewa

foto: Istimewa

“Inspirasinya dari sepenggal kisah jarak jauh saya juga bersama Komang sebelum menikah bertahun-tahun silam. Dalam lirik pun, ada kalimat spesifik yang pernah saya ucapkan kepada Komang di masa itu," tambah Raim Laode.

Aruma juga menjelaskan bahwa lagu ini masih mengusung genre yang sama dengan single sebelumnya. Tapi di bagian akhir, tempo lagu ini lebih upbeat meski tetap tidak menghilangkan unsur sedih yang diusung.

“Ya, genrenya masih sama dan juga memiliki nuansa sedih seperti “Muak”. Kalau single sebelumnya menggambarkan seseorang yang sudah muak dengan janji manis pasangannya, kali ini, aku ingin memperlihatkan bahwa tidak semua orang mempunyai ekspektasi yang sama dalam suatu hubungan, baik itu perempuan maupun laki-laki. Setiap insan tidak bisa menaruh ekspektasinya berlebihan karena, pada akhirnya, kita harus saling mengerti dan menghargai pendirian masing masing,” Aruma kembali menjelaskan.

Dengan maknanya yang terasa dalam, Aruma berharap, lagu ini bisa diterima para pencinta musik di Tanah Air, baik yang sudah mendengarkan “Muak” atau malah baru berkenalan dengan Aruma melalui “Ekspektasi” ini.

“Aku berharap, lagu ini mendapat sambutan positif seperti single pertama aku, sekaligus bisa mewakili perasaan setiap pasangan yang mempunyai ekspektasi berbeda dalam hubungan. Semoga melalui lirik di lagu ini, mereka bisa lebih mengerti dan menghargai perasaan pasangan masing-masing agar hubungan yang sudah diperjuangkan sama-sama akan tetap bertahan," tambah Aruma.

Senada dengan Aruma, Raim berharap, single ini bisa menemani mereka yang sedang menghadapi realitas seperti halnya dalam lagu.

“Semoga lagu ini bisa menjadi alternatif suara di telinga teman-teman dalam menghadapi realitas yang ada. Kalau didengarkan dengan seksama, lirik per lirik, pasti kita akan tahu maksud lagu ini. Ekspektasi bukanlah hal yang buruk, tapi saat tidak sesuai dengan yang kita inginkan, cobalah untuk menerimanya dan berkompromi," pungkas Raim Laode.

Single kedua Aruma yang berduet dengan Raim Laode, “Ekspektasi”, sudah bisa dinikmati di platform musik digital mulai 30 Juni.