Brilio.net - Bagi para penggemar musik, khususnya penyuka Nirvana pasti nggak asing deh dengan sampul album bertajuk Nevermind yang dirilis tahun 1991. Itu lho, yang gambarnya bayi telanjang sedang berenang mengejar uang dolar Amerika di kolam renang.

Berdasarkan jajak pendapat pembaca majalah Rolling Stone, cover album itu menjadi cover paling ikonik ketiga di dunia sepanjang masa. Tapi ada yang tahu nggak siapa sosok bayi lucu itu?

Ternyata bayi itu bernama Spencer Elden yang kini sudah berusia 25 tahun. Baru-baru ini, Elden membuat pose yang sama saat dia masih bayi. Hal ini dilakukan untuk memberikan penghormatan ulang tahun seperempat abad album itu. Album itu juga yang sudah membuat dirinya terkenal.

Spencer Elden © 2016 brilio.net

Saat mengulang pose 25 tahun lalu, awalnya Elden ingin melakukannya secara natural agar terlihat persis sama dengan aslinya. Namun sang fotografer John Chapple menyarankan agar Elden menggunakan celana pendek saat difoto. Nggak elok juga kalau dia difoto telanjang untuk menyamakan posenya saat bayi.

Loading...

Ini bukan kali pertama Elden berpose seperti ini. Ia juga melakukan hal yang sama 10 tahun lalu, untuk menghormati ulang tahun album Nevermind yang ke-15.

"Awalnya saya bicara dengan fotografer agar membuat foto yang sama, saya telanjang. Tapi dia pikir itu akan menjadi aneh, jadi saya memakai celana pendek saat berenang," kata Elden yang kini menjadi seniman di Los Angeles seperti dilansir brilio.net dari New York Post, Selasa (27/9).

Spencer Elden © 2016 brilio.net

Untuk pose ini, Chapple membayar Elden sebesar USD 200 (sekitar Rp 2,6 juta), sama seperti bayaran yang diterima orangtuanya saat ia menjadi sampul album Nevermind, 25 tahun lalu saat usianya 4 bulan.

Elden pun nggak mempermasalahkan soal jumlah bayaran itu. Dia hanya ingin memberikan penghormatan pada grup band bergenre grunge itu. Elden sendiri sebenarnya nggak terlalu menyukai Nirvana. Ia lebih sering mendengar lagu-lagu punk dari grup band The Clash.

Spencer Elden © 2016 brilio.net

Sekadar diketahui, album yang dirilis 25 tahun lalu itu telah terjual lebih dari 30 juta copy di seluruh dunia. "Ini sangat berarti buat saya yang bisa ikut merayakan ulang tahun album itu. Foto itu (bayi) diambil selama lima menit ketika saya berumur 4 bulan, dan saya nggak menyangka gambar itu menjadi ikonik," katanya.

Spencer Elden © 2016 brilio.net

Pada tahun 1991, fotografer Kirk Weddle yang meminta orang tua Elden agar dirinya menjadi gambar sampul album itu. Saat pemotretan, Weddle hanya mengambil gambar Elden saat berenang di The Rose Bowl Aquatics Center di Pasadena. Namun belakangan gambar uang dolar Amerika Serikat yang diikatkan pada sebuah kail ditambahkan secara digital.

Spencer Elden © 2016 brilio.net