Brilio.net - Nama Seventeen sudah lama menemani penikmat musik Indonesia. Band yang mengusung nuansa pop rock ini kariernya penuh dengan naik dan turun. Walupun sering diterpa oleh masalah, band yang berasal dari Yogyakarta ini tetap mampu bertahan. Sayangnya, akibat Tsunami Banten pada Sabtu (22/12) lalu, Seventeen harus rela kehilangan tiga punggawanya. M. Awal "Bani" Purbani, Herman Sikumbang, dan Windu Andi Darmawan yang meninggal dunia saat manggung di Pantai Tanjung Lesung.

Sepanjang perjalanannya, Seventeen memberikan corak tersendiri di dunia musik Tanah Air. Band ini sendiri muncul dengan kolaborasi antara Yudhi Rus Harjanto, Herman Sikumbang, Zulianto "Zozo" Angga, dan Windu Andi Darmawan. Tak hanya itu, Bani sepupu Yudhi juga diajak untuk membentuk band Seventeen secara serius.

Tapi sayangnya, Doni sang vokalis mundur setelah album keduanya selesai dirilis. Ifan, vokalisnya yang sekarang masuk ke Seventeen setelah proses audisi. Karakter suara Ifan yang sangat berbeda dengan Doni membuat band ini memiliki nuansa pop yang asyik.

Seperti apa sih prestasi Seventeen selama kariernya? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (29/12) ini 5 prestasinya.

1. Rilis album ketiga di Glodok yang pada masanya terkenal sebagai sarang pembajak lagu.

Loading...

Seventen 5 prestasi  © 2018 brilio.net-foto: Instagram/@seventeenbandid

Seventeen pada tahun 2008 merilis album ketiganya, Lelaki Hebat di Glodok Plaza, Jakarta Pusat. Mereka memilih tempat ini untuk melawan pembajakan yang jadi masalah di dunia permusikan pada masanya. "Pembajakan membuat industri musik terpuruk. Kami yang mencari nafkah sebagai band jelas sangat dirugikan," kata vokalis Ivan seperti dilansir brilio.net dari kapanlagi.com.

2. Album "Bintang Terpilih" capai penjualan 75 ribu kopi.

Seventen 5 prestasi  © 2018 brilio.net-foto: Instagram/@seventeenbandid

Album perdananya berjudul "Bintang Terpilih" yang dirilis di bawah label Universal Music Indonesia mencapai penjualan hingga 75.000 kopi. Dalam album ini, Seventeen juga berkolaborasi dengan Ari Untung yang saat itu menjadi VJ MTV dalam lagu "Jibaku".

3. Lagunya sering dipakai untuk sountrack FTV.

Seventen 5 prestasi  © 2018 brilio.net-foto: Instagram/@seventeenbandid

Pecinta sinetron dan FTV Indonesia pasti tak asing lagi dengan lagu Seventeen. Lagunya seperti "Tanpa Pesan Terakhir", "Menemukanmu," dan lain-lain sering mengiringi berbagai judul hits FTV.

4. 20 tahun bertahan di belantara musik Indonesia.

Seventen 5 prestasi  © 2018 brilio.net-foto: Instagram/@seventeenbandid

Sejak tahun 1999, Seventeen sudah 20 tahun berkarier di dunia musik Tanah Air. Mimpi anak-anak SMU Swasta (Yudhi Rus Harjanto, Herman Sikumbang, Zulianto "Zozo" Angga, dan Windu Andi Darmawan) ini jadi kenyataan. Seventeen sukses menghibur penggemarnya dari seluruh Indonesia. Nama Seventeen sendiri muncul karena semua personelnya pada saat itu berusia 17 tahun.

5. Telurkan 6 album.

Seventen 5 prestasi  © 2018 brilio.net-foto: Instagram/@seventeenbandid

Selama 20 tahun karier Seventeen, band ini sudah menelurkan 6 album. Nuansa rock terlihat pada dua album pertamanya Bintang Terpilih (2003) dan Sweet Seventeen (2005). Baru ketika Ifan masuk pada album ketiga Lelaki Hebat (2008), gaya popnya muncul. Setelah itu, tiga album Dunia Yang Indah (2011), 5ang Juara (2013), Pantang Mundur (2016) ditelurkan oleh Seventeen.