Brilio.net - Kabar duka kembali datang dari industri musik Tanah Air. Tiga dari empat personel band Seventeen, Bani (bassis), Herman (gitaris), dan Andi (drummer) meninggal dunia akibat tsunami yang melanda Banten dan Lampung pada Sabtu (22/12). Seventeen saat itu diketahui menjadi bintang tamu acara gathering PLN di Pantai Tanjung Lesung, Banten.

Akibat kejadian tersebut, Ifan menjadi satu-satunya personel Seventeen yang tersisa. Lewat akun Instagram pribadinya, pemilik nama asli Riefian Fajarsyah itu menceritakan saat kejadian dirinya sempat terapung di tengah laut berjarak 1 km dari bibir pantai selama dua jam lamanya. Beruntung, ia berhasil selamat.

Seventeen merupakan grup band yang dibentuk pada 1999 lalu di Yogyakarta. Pada awal 2019 mendatang, band yang beranggotakan empat personel ini seharusnya merayakan bertambahnya usia ke-20 tahun.

Cukup lama berkiprah di belantika musik Tanah Air, Seventeen beberapa kali mengalami pergantian personel, salah satunya sang vokalis, Ifan. Dirinya baru tergabung di band Seventeen pada tahun 2008 lalu menggantikan posisi vokalis sebelumnya Doni.

Perjalanan karier Ifan di dunia hiburan tentu tak selalu berjalan mulus. Sebelum bergabung dengan Seventeen, pria 35 tahun ini telah melewati banyak proses. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, perjalanan karier Ifan dari masa sekolah hingga kini, Jumat (28/12).

Loading...

1. Berkarier di musik sejak SMA.

karier ifan 17 © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@ifanseventeen

Ketika duduk di bangku SMA, Ifan dan teman-temannya membentuk sebuah band. Mereka terbilang cukup aktif mengikuti berbagai macam perlombaan musik. Berkat suara emas yang dimilikinya, pria kelahiran 16 Maret 1983 tersebut pernah menjuarai festival vokal terbaik antar pelajar tahun 2001.

2. Jadi vokalis Seventeen.

karier ifan 17 © 2018 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Tahun 2008, beberapa personel Seventeen memutuskan keluar, yaitu Doni, Andi, dan Zozo. Keputusan Doni sang vokalis mengundurkan diri tentu membuat Seventeen segera mencari orang baru untuk menggantikan posisinya.

Melalui proses audisi, Seventeen menemukan sosok Ifan. Tak lama kemudian, Seventeen merilis album Lelaki Hebat bersama vokalis barunya. Dengan karakter suara yang baru, nama Ifan pun kian melambung tinggi.

3. Terjun ke dunia politik.

karier ifan 17 © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@ifanseventeen

Bukan cuma di dunia musik, tahun 2014 silam Ifan pernah mencalonkan diri sebagai calon legislatif DPR RI melalui Partai Gerindra Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta. Sayangnya ia mengalami kegagalan.

Kemudian tahun 2018, penyanyi kelahiran Yogyakarta itu kembali mencalonkan di DPR RI 2019 melalui PKB dengan daerah pilihan Kalbar I, yaitu Kabupaten Sambas, Bengkayang, Kota Singkawang, Kabupaten Landak, Kabupaten Kayong Utara, Kabupaten Ketapang, Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, dan Kabupaten Kubu Raya.

4. Bermain film.

karier ifan 17 © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@sukepthemovie

Tak hanya piawai bernyanyi, baru-baru ini Ifan baru saja menunjukkan kemampuannya dalam berakting. Ya, belum lama Ifan terlibat dalam sebuah film komedi Indonesia, berjudul Sukep The Movie. Film ini merupakan film pertama Indonesia yang menggunakan bahasa Melayu Pontianak.

Dalam film tersebut, Ifan berkesempatan beradu akting dengan Irfan Govinda. Syuting ini berlangsung di Kalimantan Barat.