Brilio.net - Selama ini kita mengenal planet-planet dalam tata surya berbentuk bulat seperti bola. Meski ada pula planet yang memiliki selubung berbentuk cincin yang mengelilinginya.

Tapi penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh para astronom NASA mengungkapkan bahwa planet Saturnus ternyata tidak berbentuk bulat, namun memiliki bentuk seperti kentang dengan permukaan yang berlubang seperti spons. Panjangnya pun diklaim kira-kira 410 kilometer. Wow!

Dikutip brilio.net dari Mirror, Jumat (29/5), gambar planet Saturnus yang seperti spons ini pertama kali dirilis oleh European Space Agency yang diabil dari pesawat ruang angkasa bernama Cassini. Foto tersebut diambil ketika ia terbang melintas permukaan planet kira-kira sepuluh tahun yang lalu.

Setelah diteliti, lubang-lubang pada Saturnus terjadi karena ledakan partikel yang berasal dari Hyperion sehingga memberi sengatan listrik yang besar.

Hyperion sendiri merupakan satelit utama dari 62 satelit yang dimiliki oleh planet Saturnus. Dan sebagian besar lubang-lubang pada Saturnus, kemungkinan terdiri dari es dan batu-batuan. Saturnus sendiri diklaim memiliki 13 satelit dengan diameter lebih dari 50 kilometer. Yang terbesar bahkan lebih besar dari ukuran planet Merkurius, yaitu Titan yang berdiameter 2.576 kilometer.

Loading...