Brilio.net - Kata orang cari kerja itu susah. Sudah melamar ke sana-sini, kirim Curriculum Vitae (CV) ke perusahaan ini-itu tapi belum dipanggil-panggil buat wawancara kerja. Ada yang salah ya? Mungkin saja! Coba perhatikan lagi deh, jangan-jangan kamu salah dalam menggunakan huruf ketika menulis CV. Lho memangnya ngefek ya?

Beberapa waktu yang lalu, Bloomberg Business, seperti dikutip brilio.net dari website resmi Bloomberg, Selasa (26/5), melakukan survei mengenai pembuatan CV, dan hasilnya cukup mengejutkan. salah menggunakan huruf ternyata berpotensi lamaranmu tidak diterima, waduh!

Hal ini disebabkan karena ada beberapa huruf yang dipercaya dapat membuat CV-mu terlihat meyakinkan, tapi ada juga yang tidak sama sekali mencerminkan profesionalitas.

BACA JUGA:

Bukan tanda kiamat, ini versi ilmiah terompet misterius dari langit

VIDEO: Serem! Terdengar suara mirip terompet dari langit di 4 negara!

Menurut Brian Hoff, direktur kreatif Hoff Design, huruf Helvetica adalah huruf yang paling tepat digunakan ketika menulis surat lamaran dan CV. Menurutnya jenis huruf Helvetica merupakan huruf yang sederhana, tidak rumit, tapi mengesankan profesionalitas, jujur, dan ringan.

Selain Helvetica, Garamond juga salah satu yang disukai dalam keperluan profesional karena mudah terbaca, nggak bikin mata sakit walaupun berukuran kecil.

Kamu yang bekerja di industri kreatif wajib menggunakan jenis huruf yang mencerminkan kreativitasmu, contohnya jenis huruf Didot. Menurut Matt Luckhurst, direktur kreatif Collins, sebuah biro konsultan merek di San Fransisco, Didot merupakan jenis huruf yang indah, tinggi, dan sedikit feminin. Cocok banget digunakan untuk melamar kerja kreatif. Huruf di CV-mu pakai jenis huruf apa, guys?

BACA JUGA:

Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar

Seram, hewan raksasa berbentuk pipa ditemukan di dasar laut

Umur manusia bisa diprediksi lho, begini caranya

Dunia dibikin geger! Kucing ini naik atau turun?

Sarung, di Indonesia buat sholat, di Mesir malah jadi bahan tertawaan

BACA JUGA:

Kebiasaan unik cara makan ini cuma dimiliki orang Indonesia

Segitiga Bermuda: Tempat semua fakta lenyap dan menjadi mitos

12 Pelanggaran lalu lintas yang jadi incaran tilang polisi, catet!