Brilio.net - Bad mood bisa menjadi perusak produktivitas. Bahkan bad mood masuk dalam daftar hal-hal yang harus dihindari. Kenyataannya, bad mood bisa menyerang kapanpun dan dimanapun. Ya kan?

Tapi tenang, kamu bisa atasi bad mood hanya dalam waktu 15 menit. Ikutilah tiga langkah berikut ini untuk menumpas bad mood, sebagaimana dikutip brilio.net dari Real Simple, Minggu (14/6):

1. Cari tahu penyebab bad mood

Pertama, kamu harus menanyakan pada diri sendiri, apa yang menganggu pikiranmu sehingga menimbulkan bad mood. Jika kamu belum menemukan juga, cobalah pikirkan hal-hal yang selama ini kamu hindari. Bisa jadi, permasalahan yang kamu hindari menumpuk dan menjadikan kamu emosi. Kamu juga harus waspada, biasanya tidak hanya satu permasalahan saja yang bikin ganggu moodmu.

2. Tenang

Loading...

Setelah kamu menemukan sumber permasalahannya, kamu harus tenang dan konsentrasi. Aturlah pernafasanmu dengan mengambil 10 tarikan nafas. Dengan mengatur gerakan nafas, tubuhmu akan lebih rileks. Jika belum rileks, cobalah ke ruangan yang sepi.

3. Pikirkan solusi

Ketika kondisi mulai stabil, langkah terakhir adalah mencari solusi. Kamu bisa menggambarkan permasalahanmu dalam secarik kertas dengan memeta-metakan. Setelah itu, buatlah daftar solusi yang kira-kira bisa menyelesaikan masalah tersebut. Jika masih buntu, kamu bisa membayangkan dalam pikiranmu bagaimana permasalahan tersebut harus dihadapi. Kamu juga bisa memainkan imajinasimu.

Selamat mencoba dan jangan lupa bahagia ya!

BERITA TERKAIT STRES DAN BAD MOOD YANG PERLU KAMU KETAHUI:

Hobi curhat sama temen? Mendingan setop karena kamu bisa tambah stres!

5 Kesalahan ini pasti sering kamu lakukan ketika sedang stres

Cara jitu mengusir stres ketika di kantor

9 Pekerjaan yang paling stres di tahun 2015