×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini cara mengolah temu lawak yang benar supaya khasiatnya nggak hilang

View Image

0

BRILIO » Life

Ini cara mengolah temu lawak yang benar supaya khasiatnya nggak hilang

Temu lawak mempunyai khasiat menjaga fungsi hati, selain juga fungsi imun yang sangat bagus serta mempunyai fungsi anti radang.

16 / 02 / 2016

Brilio.net - Khasiat dan manfaat jamu semakin banyak diakui masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia yang memang sejak lama mengenal obat tradisional asli Indonesia tersebut. Banyak keluarga yang menanam tanaman obat di pekarangan mereka. Di antara tanaman yang paling dikenal mempunyai khasiat tinggi adalah temu lawak (Curcuma xanthorrhiza).

Menurut Guru Besar Ilmu Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Erni Hernawati Purwaningsih, temu lawak mempunyai khasiat menjaga fungsi hati, selain juga fungsi imun yang sangat bagus serta mempunyai fungsi anti radang. “Sebaiknya seminggu dua kali orang perlu mengonsumsi jamu yang terbuat dari temu lawak. Sementara bagi pekerja keras, jamu temu lawak sangat baik jika dikonsumsi setiap hari,” kata Erni.

Ini cara mengolah temu lawak yang benar supaya khasiatnya nggak hilangErni Hernawati Purwaningsih.

Pekerja keras bukan hanya mereka yang bekerja mengandalkan fisik, namun juga yang bekerja dengan berpikir. Para pekerja yang menggunakan pikirannya biasanya lebih rawan terlambat makan. Mereka sering lupa makan saat bekerja.

Erni menyarankan bagi mereka yang akan mengolah temu lawak untuk menjadi jamu jangan menjemurnya, karena udara saat ini yang kotor dan berdebu. “Kalau temu lawak dirajang, lalu dijemur bisa saja bukan temu lawaknya yang berefek, tapi efek samping lainnya,” tambah Erni.

Loading...

Sebelum diolah, temu lawak baiknya dibakar dulu karena banyak getah yang menempel. Habis dibakar, lalu dikupas dan dirajang serta direbus. Jika ingin dicampur gula, maka perlu pergunakan gula aren karena lebih ramah buat penderita diabetes.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    33%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    17%

  • Sedih

    17%

  • Marah

    33%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more