Brilio.net - Saat ini, banyak yang menggunakan telur sebagai bahan baku utama perawatan untuk wajah dan kulit. Salah satu yang sudah dikenal di kalangan masyarakat adalah perawatan kecantikan menggunakan putih telur bebek. Selain mudah diperoleh, praktis dan hasilnya memuaskan, telur bebek memiliki kandungan nutrisi lebih banyak daripada telur-telur lainnya. Bahkan semua bagian telur bebek yaitu putih dan kuning telur sama-sama bisa digunakan untuk perawatan kecantikan.

Putih telur bisa digunakan sebagai bahan pencerah kulit alami. Caranya dengan menggunakannya sebagai masker wajah untuk menghilangkan masalah besar remaja dan wanita seperti jerawat, bintik-bintik gelap atau komedo. Kamu cuma perlu mengoleskan putih telur ke wajah secara merata dan biarkan nutrisinya meresap pada wajahmu selama sekitar 30 menit kemudian bilas menggunakan air hangat. Sel-sel kulit mati yang menumpuk jadi terangkat deh.

Tapi apa cuma segitu aja khasiat ampuh telur bebek untuk kecantikan? Nggak dong! Masih ada manfaat lain telur bebek untuk kecantikan, seperti yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber berikut ini. Simak yuk, ah!

1. Keindahan mata

Tak cuma asin bikin ketagihan, telur bebek bermanfaat buat kecantikan

Loading...

Karotenoid yang terkandung dalam kuning telur bebek ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, seperti menurunkan risiko katarak dan age-related degeneration. Zat pewarna pada kuning telur ini juga mampu melawan radikal bebas yang menyerang retina kamu. So, rajin-rajinlah mengonsumsi kuning telur bebek supaya mata kamu tetap terlindungi dan penglihatan tetap fokus sehingga keindahan mata tetap terjaga.

2. Mengatasi kulit wajah kering

Tak cuma asin bikin ketagihan, telur bebek bermanfaat buat kecantikan

Kuning telur dapat membantu mengatasi kulit wajah yang kering lho. Caranya dengan menyiapkan telur dan ambil bagian kuning dari telur bebek dan oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih supaya wajah nggak berbau amis.

Masih nggak tahan dengan baunya? Kamu bisa menggunakan cleanser foam setelah memakai masker kuning telur.

Lakukan perawatan ini minimal seminggu sekali dan dapatkan kulit wajah yang lebih lembap.

3. Mengurangi jerawat

Tak cuma asin bikin ketagihan, telur bebek bermanfaat buat kecantikan

Selain mencerahkan wajah, ternyata masker telur bebek juga bisa meringankan masalah wajah lain, seperti jerawat, flek hitam, atau komedo. Caranya cukup mudah dan praktis. Kocok putih telur sehingga berbuih kemudian tambahkan sedikit jus lemon ke dalamnya. Oleskan merata dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

4. Kondisioner rambut

Tak cuma asin bikin ketagihan, telur bebek bermanfaat buat kecantikan

Untuk menggunakan telur bebek sebagai kondisioner rambut, kamu perlu menghaluskan satu buah alpukat dan tuangkan satu kuning telur ke dalamnya, aduk hingga merata. Keramaslah menggunakan sampo favoritmu seperti biasa, kemudian gunakan racikan tadi seperti kamu mengaplikasikan kondisioner. Biarkan meresap selama 15 menit, kemudian bilas rambut dengan air bersih. Lakukan secara teratur untuk hasil maksimal.

Oiya, untuk mendapatkan manfaat kecantikan dari telur bebek, kamu harus memperhatikan pemilihan telur bebek yang masih bagus dan segar. Tandanya adalah cangkang telur nggak memiliki retakan sama sekali dan nggak mengeluarkan suara saat digoyang. Oke, selamat mencoba cantik!