Brilio.net - Beberapa orang menyebut suntik hormon pertumbuhan sebagai obat mujarab biar awet muda. Namun, para ahli menunjukkan bahwa kekuatan untuk meremajakan adalah sebuah mitos.

Rumor mengatakan bahwa beberapa bintang Hollywood serta bintang film Amerika melakukan suntik hormon pertumbuhan dalam upaya putus asa untuk menahan pertambahan usia yang kejam. Terbukti, banyak rumah sakit di Barat yang menghadapi banyaknya permintaan pelanggan untuk melakukan prosedur ini.

Tak hanya itu, bintang AS seperti Sylvester Stallone dan Nick Holte bangga mengakui kalau mereka melakukan suntik hormon untuk meremajakan diri. Tapi apa yang mereka lakukan sebenarnya masih memiliki efek samping yang berbahaya, seperti peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes, dan bahkan kanker.

Berbagai teori menyatakan manfaat dari penggunaan hormon pertumbuhan manusia. Hal ini diyakini untuk membuat rambut jadi tebal dan mengkilap, mengencangkan kulit, meningkatkan libido, dan berkontribusi untuk memori kuat dan tingkat energi yang tinggi. Selain itu digunakan juga untuk melawan kelebihan berat badan dan meningkatkan massa otot. Bahkan, ada orang yang percaya suntik hormon pertumbuhan akan membantu mereka terlihat 20 tahun lebih muda.

Padahal para ahli kesehatan tidak menganjurkan untuk melakukan suntik hormon karena tindakan ini sangat berisiko dan dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan di kemudian hari. Ketika Growth Hormon disuntikkan ke dalam tubuh efeknya bukan saja ke tulang dan otot tetapi ke seluruh sistem tubuh. Efek jangka panjang dapat menyebabkan gangguan fungsi organ tubuh dan merangsang sel-sel tumor.

Loading...

Di beberapa negara, hormon pertumbuhan manusia masuk ke dalam obat kelas C, yang penggunaannya adalah ilegal. Dokter bisa meresepkan itu tapi dalam keadaan yang sangat spesifik dan untuk penyakit tertentu. Selain itu, ilmu pengetahuan tidak memberikan bukti kuat dari penggunaan suntikan hormon pertumbuhan sebagai anti-penuaan.

So, kenapa harus takut tua? Bukankah itu hal wajar dan pasti dialami oleh setiap manusia? Yang terpenting adalah kita selalu sehat dengan menjaga asupan nutrisi yang cukup serta berolahraga secara teratur.