Brilio.net - Perkembangan teknologi ternyata memberikan perubahan besar dalam hal gaya hidup. Salah satunya adalah media hiburan. Inovasi teknologi dan internet memberikan hal baru dalam menikmati video, yakni dengan streaming. Orang-orang tidak perlu repot lagi untuk membeli atau menyewa VCD/DVD untuk menikmati film atau video. Tentu saja hal ini sangat memudahkan dan tentu saja mempermudah bagi kita.

Tidak hanya urusan simplicity, ternyata menikmati video dengan streaming mempunyai efek positif terhadap bumi alias alam, sebagaimana dikutip brilio.net dari Science Daily, Senin (5/10). Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa teknologi streaming mampu mengurangi penggunaan energi dan menurunkan emisi karbon dioksida dibandingkan menyewa atau membeli DVD. Riset ini dilakukan oleh ahli dari Lawrence Berkley National Laboratory dan Northwestern University.

Studi yang dipimpin oleh Arnab Shehabi ini dilakukan terhadap masyarakat di Amerika Serikat pada tahun 2011. Pada tahun tersebut, sekitar 3,2 miliar jam baik film atau acara televisi ditonton oleh warga Amerika dengan streaming. Sedangkan pembelian DVD pada tahun yang sama mencapai angka 1,2 miliar keping. Selain itu, mereka menghabiskan 17,2 miliar untuk menonton DVD.

Dari data tersebut, 192 petajoules energi dihabiskan untuk menonton DVD maupun streaming. Aktivitas tersebut menghasilkan emisi gas buang sekitar 10,4 milyar kg. Jika aktivitas menonton DVD diganti dengan streaming secara total, maka energi yang bisa dihemat adalah 30 petajoules (hal ini sama dengan kebutuhan listrik untuk 200.000 rumah). Bahkan bisa menghambat emisi gas buang hingga 2 miliar kg.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Studi ini juga mengusulkan para inovator teknologi untuk meningkatkan efisiensi pada penggunaan streaming di internet. Tentu saja hal ini untuk mengantisipasi lonjakan para pengguna internet di masa depan.

(brl/gib)