Brilio.net - Walau pun sebenarnya nggak ada yang salah dengan menjadi jomblo, ternyata masih banyak orang yang menjadikan kejombloan menjadi bahan ledekan. Apalagi kalau ternyata kamu sudah terlalu lama menjomblo, wah siap-siap aja dibully habis-habisan sama teman-temanmu.

Kesel diejekin terus karena status jomblomu? Hmm.., jangan buru-buru galau, gundah gulana, atau jadi sembarangan milih pacar, daripada capek hati mending tanggapi dengan cara-cara berikut ini ya.

1. Nggak usah dimasukin ke hati

Pertama-tama yang mesti kamu ingat adalah teman-teman kamu itu cuma bercanda, jadi jangan buru-buru dimasukin ke hati. Jangan langsung jadi sensi ya, mending pikirin sisi positifnya aja. Perih sih memang, tapi seenggaknya, kamu bisa bikin orang lain tertawa bahagia. Tuh kan, malah nambah pahala jadinya.

2. Balas pakai candaan

Loading...

Sudah diledekin kejombloan eh masih pakai kata 'ngenes' pula, nyesek dong! Tapi balik lagi ke poin nomor satu, mereka cuma bercanda dan nggak ada maksud buat menghina atau menyakiti perasaan kamu. Ketimbang gontok-gontokan, mending dibalas pakai bercandaan juga. Toh, mereka yang punya pacar sebelumnya juga pernah jomblo juga, ya nggak?

3. Mesti bangga jadi jomblo

Inget, jomblo itu bukan hal buruk! Jadi jomblo bukan berarti kamu nggak bisa berkembang menjadi lebih baik, justru dengan nggak pacaran dulu kamu bisa jadi lebih fokus untuk meraih cita-cita kamu.

4. Gimana kalau sudah keterlaluan?

Kalau bercandaannya udah lebai, jangan dibiarkan begitu saja. Tapi bukan berarti juga kamu jadi ngajak ribut lho ya. Kamu bisa mencoba untuk mengajak bicara temanmu, katakan kalau kamu keberatan kalau diejekin terus menerus. Kalau masih keterusan, boleh ajak teman atau orang yang lebih dewasa untuk membantu berbicara. Tapi ngat, jadi jomblo itu nggak ada salahnya, alright?

BACA JUGA:

Hilang akibat granat, tangan anggota TNI AL kini 'utuh' lagi

7 Daya tarik markas TNI di Lebanon, lokasi favorit selfie & belanja

Kisah teladan dari pensiunan TNI AD yang jadi sopir angkot

Ingin punya banyak teman? Kamu harus lebih sering tersenyum

7 Arti pesan singkat dari teman yang perlu kamu tahu

9 Cara mengetahui kawan kamu beneran teman sejati atau bukan