Brilio.net - Hari gini jadi populer itu nggak susah, gampang banget malahan. Kamu tinggal bikin video atau foto yang keren untuk di unggah ke YouTube, atau bikin status-status di media sosial yang lucu-lucu bikin ngakak atau yang kontroversial sekalian, kamu bisa jadi terkenal!

Nggak mengherankan juga kalau sekarang makin banyak selebtweet yang meskipun bukan artis atau publik figur, mereka punya begitu banyak followers di media sosial. Bahkan ada beberapa orang yang suka copas dan mengunggahnya untuk dibagikan kepada teman-teman yang kebetulan nggak memfollow si selebtweet tersebut.

Seru ya? Tapi kalau kamu sering melakukannya tanpa meminta izin terdahulu sama si empunya, atau tanpa memberikan kredit kepada siapa yang bikin kalimat-kalimat tersebut, wah siap-siap saja twit tersebut dihapus secara otomatis oleh Twitter. Dan kalau masih ngeyel juga, wah bisa-bisa akun Twittermu yang bakalan di suspended. Hiiii! Kok bisa sih?

Sebenarnya udah bukan rahasia lagi sih kalau pengguna Twitter bisa saling meretweet status-status lucu untuk dibagikan kepada followersnya. Tapi, kalau kamu nggak menyebutkan siapa penulisnya, melainkan hanya mengcopas statusnya doang, pihak Twitter akan menindaklanjutinya secara langsung dengan menghapus twit-twit tersebut karena dianggap plagiat, seperti dikutip brilio.net dari The Verge, Selasa (28/7).

Salah satu yang sempat mendapat perhatian dari Twitter adalah kasus yang menimpa Olga Lexell. Selebtweet yang sering memposting status-status lucu dan merasa terganggu karena banyak orang yang sering 'mencuri' statusnya tanpa memberi kredit terhadap dirinya sebagai pembuat kalimat-kalimat tersebut. Lexell yang kesal kemudian membuat laporan kepada pihak Twitter dan langsung ditindaklanjuti dengan menghapus twit-twit yang dianggap plagiat tersebut.

Loading...

Hal ini dilakukan oleh Twitter sendiri sebab seperti yang terdapat dalam rilisnya, pihak Twitter mengungkapkan bahwa segala postingan yang diunggah ke Twitter merupakan properti intelektual yang hanya dimiliki hak edarnya oleh sang pemilik kalimat itu sendiri. Mereka yang mengkopi postingan orang lain tanpa izin dianggap bisa mencederai pendapatan orang lain. Wah!

Lexel sendiri diketahui adalah seorang penulis lepas yang pekerjaan utamanya adalah membuat tulisan-tulisan lucu. Lexell mengunggah tulisan lucunya di Twitter nggak lain bertujuan untuk menguji apakah tulisannya tersebut benar-benar lucu hingga membuat netizen tertawa terbahak-bahak ketika membacanya.

Tuh, dengerin! Jangan asal copy paste lho ya? Gunakan media sosialmu dengan bijak.