Brilio.net - Kalau mendengar kata snorkeling pasti kamu langsung teringat dengan Bunaken, yaitu taman laut di Manado yang terkenal keindahan. Namun, tak hanya di Manado saja. Sekarang kamu bisa melakukan snorkeling murah di salah satu pantai di Gunungkidul. Pasti kamu akan bertanya-tanya, memangnya bisa, kan pantai laut selatan ombaknya besar?

Pantai Nglambor sebenarnya tidak berbeda dengan pantai Gunungkidul lainnya yang memiliki ombak besar. Meski begitu pantai ini memiliki dua karang besar pemecah ombak sehingga ketika sampai bibir pantai ombaknya cenderung tenang.

Pantai yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta ini airnya pun cenderung dangkal. Nah, di bagian tersebutlah yang kerap dijadikan sejumlah orang untuk melakukan aktivitas berenang juga snorkeling tanpa perlu was-was atau khawatir tergulung oleh ombak besar. Walau memang biota bawah lautnya tidak bisa menandingi Bunaken, namun bakalan cukup memuaskan kamu untuk snorkeling. Tempat ini juga bisa kamu jadikan untuk latihan snorkeling.

Sensasi snorkeling di pantai selatan nan berombak ganas, berani coba?

Sensasi snorkeling di pantai selatan nan berombak ganas, berani coba?

Kondisi air di Pantai Nglambor yang sangat jernih dan dangkal ini menjadikan sekumpulan ikan berwarna-warni, rumput laut, serta beraneka ragam biota laut maupun karang-karang yang ada di dalamnya bisa terlihat hanya dengan mata telanjang. Ditambah dengan udaranya yang segar dan tampilannya masih sangat alami, seolah menambah keistimewaan dari Pantai Nglambor ini.

Di Pantai Nglambor, terdapat dua pulau karang yang bentuknya hampir menyerupai kura-kura. Hewan pemakan tumbuhan ini tampak berkejaran-kejaran dengan sautan ombak Pantai Nglambor. Dua pulau karang yang menyerupai kura-kura tersebut berfungsi untuk penahan ombak. Hal inilah yang kemudian menjadikan perairan di tepi Pantai Nglambor cenderung dangkal dan berombak tenang, hingga banyak ditumbuhi karang-karang dan dihuni ikan-ikan kecil.

Fasilitas di sana juga sudah cukup lengkap dengan adanya toilet, warung makan, dan biaya masuk pantai juga cukup murah yaitu Rp 5.000 saja.

Sensasi snorkeling di pantai selatan nan berombak ganas, berani coba?

Sensasi snorkeling di pantai selatan nan berombak ganas, berani coba?

Bagi kamu yang ingin melakukan aktivitas berenang atau snorkeling, jangan lupa membawa perlengkapan untuk berenang. Nah, khusus bagi kamu yang tak memiliki peralatan snorkeling, tenang saja, di Pantai Nglambor sudah tersedia tempat penyewaan untuk aktifitas snorkeling. Harganya bervariasi, dari Rp 50.000 sampai Rp. 300.000 tergantung berapa orang yang akan ikut menyelam.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa kamera lengkap dengan watercasenya bagi kamu yang ingin mengabadikan momen di bawah air. Atau, agar lebih praktis kamu bisa langsung menggunakan kamera underwater. Dijamin, rasa sesal tak akan kamu rasakan! Selamat berwisata!

Rute: Jogja-Jalan Wonosari-Patuk-Wonosari-Jalan Baron-ikuti petunjuk menuju Pantai Siung-dari sana sudah banyak petunjuk menuju Pantai Nglambor.