Brilio.net - Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, kamu pasti pernah mencari cara-cara jitu bisa lebih cepat mengatasi masalah. Benar, kan? Namun terkadang kamu juga belum tahu tentang tips dan trik untuk mengatasi masalah yang muncul dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, berikut ini hasil rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (16/12), tips mengatasi permasalahan sehari-hari yang bisa kamu aplikasikan segera.

1. Usir kerumunan semut dengan mentimun

Rahasia keseharian yang nggak kamu tahu, tapi sekarang kamu perlu tahu

foto: plantinfo.co.za
Rasanya risih banget ya, kalau semut berbaris di lantai dan dinding rumah, padahal kalau dicari ujung pangkalnya, tak ada makanan atau bekas bungkus makanan. Nah, daripada menyemprot mereka dengan penyemprot nyamuk atau bahan kimian lainnya, pakailah mentimun. Caranya, iris saja mentimun dan letakkan potongan timun di area yang dirayapi semut. Kamu juga bisa menggunakan kulit mentimun untuk mengusir semut. Semut tak suka aroma mentimun sehingga dia enyah segera.

2. Mengilapkan kaca pakai soft drink
Bagi kamu yang minum soft drink tapi nggak habis, jangan buru-buru dibuang, ya! Soalnya soft drink seperti Coca-Cola atau Sprite, bisa lho kamu gunakan untuk membersihkan kaca mobil atau jendela karena kandungan asam sitrat dalam minuman tersebut ini.

3. Menghapus permen karet dari baju dengan menaruhnya di freezer
Kesel banget kan kalau bajumu kena permen karet? Susah dihilangin! Tapi, sekarang kamu nggak usah bete lagi. Salah satu cara mudah untuk menghilangkan bekas permen karet di bajumu adalah dengan menaruh bajumu itu di dalam freezer.

Caranya, masukkan pakaianmu yang terkena permen karet ke dalam kantong plastik lalu masukkan ke dalam freezer (pastikan freezer kosong ya) dan diamkan selama beberapa jam sampai permen karet padat. Selesai itu, lipat pakaian ke arah luar, bagian yang terkena permen karet di luar, sehingga permen karet beku bisa lepas dari bajumu. Bisa juga kamu gunakan alat bantu seperti pinset untuk mengambilnya dan membersihkan serpihan yang masih menempel di kain pakaianmu.

Selain pakai freezer, kamu juga bisa pakai balok-balok kecil es batu untuk menghapus bekas permen karet seperti video yang dikutip brilio.net dari persil.co.uk berikut:


4. Bikin cemerlang baju putih dengan lemon

Rahasia keseharian yang nggak kamu tahu, tapi sekarang kamu perlu tahu

foto: blahblahmagazine.com.au
Baju atau handuk putihmu terkena noda yang bikin warna putih jadi nggak banget? Kamu bisa menghilangkan nodanya dan membuatnya semakin cemerlang dengan air lemon. Caranya, rebus air dalam panci besar beserta irisan satu atau dua buah lemon. Nah, gunakan air rebusan ini untuk merendam baju atau handuk putih selama satu jam. Maka, nodanya akan hilang dan bisa membuat putihnya semakin cerah.

5. Membuat rambut indah dan sehat dengan cuka
Cuka, dalam hal ini cuka apel bermanfaat rambutmu, lho. Selain bisa membuat rambut lembut dan halus, cuka juga bisa menutup kutikula rambut sehingga membuatnya berkilau. Untuk mendapatkan kemilau rambut pakai cuka, siapkan cuka apel dan air.

Selanjutnya, kamu perlu menerapkan campuran cuka dan air setelah keramas, secukupnya. Akan lebih baik kalau kamu justru pakai botol penyemprot sehingga tinggal semprot ke rambutmu. Setelah itu, pijat kulit kepala. Lantas, diamkan rambut dengan campuran air dan cuka tadi selama beberapa menit. Usai itu, bilas dengan air sepenuhnya. Tak perlu lagi kamu pakai kondisioner karena cuka mampu membuat rambutmu halus dan lembut.

6. Mengenyahkan bau kubis dengan sepotong roti

Rahasia keseharian yang nggak kamu tahu, tapi sekarang kamu perlu tahu

foto: artofthehome.com
Terkadang kubis yang kamu masak melepaskan senyawa sulfur yang bikin aromanya nggak enak. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menempatkan sepotong roti gandum di atas kubis selama memasaknya. Cara ini akan menyerap bau nggak sedap kubis.

7. Menghilangkan noda tinta di baju menggunakan pasta gigi
Saat asyik mencatat eh, pulpen kamu nggak sengaja mencoret baju. Kotor, deh! Tapi kamu tak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan pasta gigi, walaupun cara ini tak dapat diterapkan pada semua kain. Caranya adalah oleskan pasta gigi (jenis non gel) ke seluruh bagian baju yang terkena tinta pulpen, menggunakan jari. Gosok sedikit lalu cucilah seperti biasa. Maka baju akan bersih seperti sedia kala.

8. Mengusir tikus dengan bubuk cabai

Rahasia keseharian yang nggak kamu tahu, tapi sekarang kamu perlu tahu

foto: realestate.aol.com
Di rumahmu banyak tikus? Dikasih jebakan dan racun tikus nggak mempan-mempan juga? Pakai saja bubuk cabai. Sebarkan di tempat yang sering dilewati tikus atau ditempati tikus.

9. Ada waktu-waktu terbaik untuk minum air putih agar kesehatan meningkat

Rahasia keseharian yang nggak kamu tahu, tapi sekarang kamu perlu tahu

foto: uswateralliance.org
Minum cukup air berkualitas bermanfaat bagi otak, pengaturan suhu tubuh, memperlancar peredaran darah dalam tubuh, membuang racun dalam tubuh lewat urine nantinya, menambah elastisitas otot, dan banyak lagi. Nah, ternyata ada waktu-waktu yang ditekankan untuk kamu minum air, yaitu:

a. Minum dua gelas air setelah bangun tidur berfungsi mengaktifkan organ internal
b. Minum satu gelas air 30 menit sebelum makan berfungsi membantu pencernaan
c. Minum satu gelas air sebelum mandi berfungsi menurunkan tekanan darah
d. Minum satu gelas air sebelum tidur dapat membantu menghindari stroke atau serangan jantung.

Khusus untuk poin d, ada pihak yang menyatakan hanyalah mitos. Pihak yang kontra ini justru menyatakan minum sebelum tidur justru dapat membuatmu sering terbangun untuk buang air kecil sehingga tidurmu terganggu. Kalau tidurmu terganggu maka level darahmu semakin tinggi, meningkatkan rasa lapar, dan akhirnya kamu makan makanan tinggi gula dan lemak sehingga bisa berbahaya bagi jantungmu.

Namun begitu, pihak yang pro terhadap manfaat minum sebelum tidur menyebutkan bahwa dengan minum sebelum tidur dapat membantu keseimbangan hormon, energi, otot, dan sendi. Dengan begitu, kamu bisa rileks selama tidur dan segar saat bangun.

Terlepas dari pro dan kontra, lebih baik penuhi kebutuhan minum jauh sebelum tidur kalau takut bolak-balik pergi ke kamar mandi saat waktu tidur. Yang terpenting tubuhmu tetap tercukupi air minum. Mau tahu cara mengetahui apakah kamu cukup air minum atau terhidrasi? Coba cek warna urinemu, Mengapa air seni kamu berwarna kuning?

Sudah siap mempraktikkan, guys?