Brilio.net - Banyak orang menduga asam lambung itu jahat. Faktanya, tidak sepenuhnya benar. Dalam sistem pencernaan, asam lambung berfungsi untuk menangkis invasi 200 miliar-400 miliar unsur asing yang masuk bersama makanan ke dalam tubuh. Jadi, asam lambung itu adalah filter pembunuh bakteri paling efektif dalam seluruh struktur pelindung sistem pencernaan kamu, seperti dikutip brilio.net dari buku Mitos dan Fakta Kesehatan 2 dan Food Combining di Bulan Ramadan yang ditulis Erikar Lebang, Sabtu (4/7).

Lalu, mengapa asam lambung menjadi pihak yang dipersalahkan bagi kesehatan?

Praktisi food combining tersebut menyebutkan alasannya adalah pola makan sampai stres. Sayangnya, streslah yang paling sering disebut-sebut sebagai pemicunya. Sekali pun benar, pernahkah kamu berpikir bahwa pola makan adalah pihak yang memiliki porsi besar dalam memicu berulahnya asam lambung?

Tentu bukan semata soal keteraturan waktu makan, melainkan apa yang kamu makan. Salah satunya adalah konsumsi makanan berunsur protein hewani dan pati (karbohidrat) secara bersamaan. Masing-masing elemen makanan tersebut memerlukan enzim yang berbeda untuk diolah oleh tubuh. Karbohidrat dicerna enzim amilase (terdapat di air liur), sedangkan protein hewani dicerna enzim pepsin (bekerja begitu makanan memasuki organ pencernaan di dalam perut).

Kedua enzim itu tidak bisa bekerja sama. Kalau bertemu membuat amilase berhenti bekerja sehingga menghasilkan karbohidrat yang belum terurai sempurna, sedangkan pepsin sendiri harus disokong asam lambung berlebih untuk mencerna protein hewani. Protein hewani sendiri memang termasuk makanan yang sulit diantisipasi sistem pencernaan. Maka, tak heran produksi asam lambung melejit untuk mempercepat kerja enzim yang terganggu itu. Inilah yang bikin perut kamu melilit perih.

Loading...

Tidak jauh berbeda kasusnya ketika kamu mengonsumsi kopi dan teh yang merangsang produksi asam lambung secara ekstra. Lantas, disusul hormon stres. Makin sakitlah perutmu itu.

Nah, sekarang sudah tahu kan, penyebab orang sering bilang "penyakit asam lambung"? Cermati dan mari perbaiki pola makan, ya. Kesehatanmu, lho.

BACA JUGA:

12 Kebiasaan harian yang ternyata bisa bahayakan kondisi mental kamu!

Sering nyeri punggung? Hati-hati, itu bisa karena kebiasaan merokokmu!

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

5 Permainan sarung ini bakal bikin kamu kangen masa kecil

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!