Brilio.net - Di balik lucunya seekor kucing ternyata bisa menuai sebuah kekhawatiran tersendiri. Hewan yang satu ini bisa menyebabkan psikologimu terganggu. Sebuah penelitian ilmiah menemukan hubungan yang positif antara pemeliharan hewan dan penyakit schizophrenia, dikutip brilio.net dari jurnal Schizophrenia Research, Senin (15/6). Schizophrenia merupakan gangguan mental yang mengakibatkan halusinasi dan delusi.

Riset tersebut dilakukan dengan metode survei dengan melibatkan 2.125 keluarga. Data survei tersebut menyebutkan bahwa 50,6% yang terkena schizophrenia dulunya memelihara kucing saat masih kecil. Hasil survei ini juga menguatkan penelitian yang sama yang dilakukan pada tahun 1990-an.

E Fuller Torrey, sang peneliti menyebutkan bahwa parasit jenis T gondii pada kucing diduga menjadi penyebabnya. T gondii masuk dalam otak manusia melalui sel darah putih dalam sistem imun. Parasit tersebut mulai aktif dalam otak dan membentuk kista mikroskopis saat orang tersebut dewasa. Proses itulah yang menyebabkan orang terkena schizophrenia.

National Health Center Inggris menyebutkan bahwa satu di antara 100 orang terserang penyakit schizophrenia. Parahnya lagi, orang yang terkena gangguan ini baru terdiagnosa pada umur antara 15 hingga 35 tahun.

BACA JUGA:

Loading...

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

Kamu sering gemetaran? Hati-hati mungkin itu gejala Multiple Sclerosis

Cermati ubanmu, bisa jadi itu adalah gejala kanker, hati-hati!

Yuk hidup sehat, mulai batasi konsumsi garam biar nggak hipertensi

Seram, hewan raksasa berbentuk pipa ditemukan di dasar laut

Buaya Paga ini jinak dan bersahabat, bisa diduduki dan diajak selfie

Luna si kuda pustaka keliling 3 desa di Gunung Slamet pinjamkan buku