Brilio.net - Jiwa yang positif ternyata bisa membuat tubuh semakin sehat. Salah satu bentuk dari jiwa yang positif adalah memiliki optimisme yang tinggi. Karakter seperti ini ternyata bisa memberikan efek positif terhadap tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan jiwa optimisme yang tinggi memiliki keuntungan terhindar dari penyakit kronis sebagaimana dikutip brilio.net dari webmd.com, Sabtu (27/6).

Orang dengan optimisme tinggi ternyata memiliki umur yang lebih panjang. Selain itu mereka juga tidak memiliki kesulitan dengan tubuhnya. Studi yang dilakukan oleh Canadian Medical Association Journal. Selain itu, rasa optimis juga bisa menurunkan risiko terkena strok. Hasil riset tersebut didapatkan dari peneliti asal University of Michigan.

Tapi bagaimana dengan jiwa yang pesimis? Kamu bisa mengubah rasa ini menjadi lebih optimis. Berdasarkan penuturan penulis buku A Happy You: Your Ultimate Prescription for Happiness, Elizabeth Lombardo, optimisme merupakan sifat yang bisa dipelajari. Jadi, kamu bisa memiliki kesempatan untuk menjadi pribadi dengan rasa optimisme yang tinggi.

Ada banyak langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pribadi yang optimis. Pertama adalah dengan melakukan meditasi rutin. Atau kamu juga bisa menggunakan terapi menulis. Tulislah tiga hingga empat hal kecil yang kamu syukuri setiap harinya. Berdasarkan penelitian dari Journal of Research in Personality, teknik ini bisa mengubah mood menjadi lebih positif.

BACA JUGA:

Gigi tanggal pada orang dewasa pertanda mulai pikun

Malas sikat gigi bisa bikin kamu terkena serangan jantung, waduh!

5 Kebiasaan ini ternyata membahayakan gigimu

Bawang putih manjur usir sakit gigi, begini cara memakainya

Ini dia 5 cara ampuh alami memutihkan gigi

HOT NEWS:

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9