Brilio.net - Tak selalu tentang orang tua, ibu-ibu, atau bahkan nenek-nenek. Salah satu kegiatan kerajinan ini ternyata tak ada salahnya bila kamu mau mencobanya. Merajut adalah salah satu teknik membuat kerajinan dengan menganyam benang wol hingga membentuk selembar bahan. Bahan tersebut bisa diolah selanjutnya menjadi tas, pakaian, dan juga syal.

Merajut sendiri juga bisa menjadi media penyaluran bakat, hobi, atau mengisi waktu luangmu lho. Tak hanya itu, dari merajut, ada beberapa manfaat yang nantinya akan kamu dapatkan.

Manfaat-manfaat tak terduga tersebut tentunya akan membuatmu semakin jatuh cinta dengan kegiatan merajut ini. Nah, berikut ini adalah manfaat dari merajut yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/11).

1. Serupa meditasi

foto: faktaliar.blogspot.com

Ketika kamu sudah mahir merajut, tentu kamu akan lebih santai dalam melakukannya, sehingga kamu bisa menggunakan memori otak dalam melakukan pekerjaan yang dilakukan. Gerakan ritmis dan berulang memiliki manfaat yang sama seperti meditasi untuk pikiran dan tubuh.

2. Membantu meredakan gejala kecemasan, stres, dan depresi

foto: merdeka.com

Gerakan ritmis dan fokus pada objek rajut bisa mengalihkan perhatian dari gejala kecemasan, depresi, dan stres. Posisi duduk saat merajut dapat mengurangi denyut jantung dan menurunkan tekanan darah. Sehingga, kegiatan ini bisa membantu penderita kecemasan lebih santai. Kamu yang sering cemas dan khawatir bisa mencoba merajut mulai sekarang.

3. Fungsi motorikmu akan meningkat

foto: fisip-unimal.com

Kegiatan merajut bisa merangsang hampir seluruh bagian di otak lho. Merajut juga diklaim bisa menangani penyakit Parkinson karena dapat meningkatkan fungsi motorik para penderita penyakit tersebut.

4. Memperlambat penurunan kognitif

foto: juangnews.com

Selain meningkatkan fungsi motorik dan mood, merajut juga bisa merangsang otak untuk tetap sehat. Semakin sering kamu menggunakan otak, semakin sehat pula otakmu.

5. Membantu mencegah arthritis dan tendonitis

foto: merdeka.com

Ketika merajut, otomatis sendi-sendi tanganmu bergerak. Hal itu bisa membangun tulang rawan jadi lebih kuat, sehingga menghindarkanmu dari arthritis dan tendonsis.

Bagaimana? Kamu ingin mulai belajar merajut dari sekarang? Jangan ragu dan selamat berkreasi!

(brl/gib)

(brl/gib)