Brilio.net - Selama ini kita selalu dianjurkan untuk mengonsumsi air minum sebanyak delapan gelas setiap harinya. Katanya sih, selain bisa meningkatkan kesehatan tubuh, minum air putih sejumlah itu dapat membantu menjaga kulit supaya selalu sehat hingga membuat kulit tampak awet muda. Kamu sering mempraktikannya setiap hari?

Tapi kenyataannya nggak semua ahli percaya minum delapan gelas air putih setiap hari dapat menjaga kesehatan tubuh lho. Bahkan menurut sebuah artikel yang ditulis pada News York Times, seperti dilansir brilio.net dari Mirror, Rabu (21/10), minum delapan gelas air putih dalam sehari merupakan mitos kesehatan yang paling sering didengungkan, dan sampai sekarang belum ada penjelasan secara ilmiah yang benar-benar membuktikan hal tersebut.

Menurut Aaron E. Carol, Professor of Paediatrics dan wakil dekan dari Research Mentoring Indiana University School of Medicine, nasihat yang sebenarnya bukanlah tentang jumlah airnya, tapi jumlah asupan makanan yang setara dengan delapan gelas air setiap harinya, dalam hal ini termasuk sayuran dan buah-buahan.

Aaron bahkan menambahkan kalau sampai saat ini belum ada bukti konkret mengenai anjuran minum delapan gelas setiap harinya. Bahkan sesungguhnya tak ada perbedaan yang berarti antara kesehatan tubuh yang rutin minum 8 gelas air putih setiap hari dengan yang tidak.

"Jangan takut haus, karena tubuh akan segera mengirim sinyal untuk minum jauh sebelum dehidrasi terjadi," tegas Aaron.

Loading...