Brilio.net - Simbol @ atau at bukan sesuatu yang aneh lagi bukan, guys? Baik di komputer maupun ponsel, baik untuk menulis di struk jual beli sampai urusan media sosial semacam Twitter.

Nah, kira-kira bagaimana sejarahnya ya, bisa muncul simbol @?

Dikutip brilio.net dari laman Mental Floss, Jumat (12/6), simbol @ diduga muncul pada abad pertengahan. Banyak sumber, sebut saja seperti situs Oxford dan buku berjudul 'Letter by Letter: An Alphabetical Miscellany', menyatakan bahwa simbol @ atau at (dalam bahasa Indonesia berarti 'pada' atau 'di'), berasal dari singkatan kata Latin, 'ad'. AD yang diartikan 'to, toward, or at' (untuk, menuju, pada). Selain itu, @ juga digunakan untuk daftar harga faktur lembar akuntansi, seperti 12 telur AT satu sen per telur (12 telur @ satu sen per telur).

Lalu apa nama untuk simbol @?

Simbol @ secara formal dikenal dalam bahasa Inggris sebagai 'commercial at' (komersial di), mungkin lebih disebabkan penggunaannya murni dalam perdagangan. Namun begitu, ternyata tempat lain juga memiliki julukan tersendiri. Sebut saja seperti di Italia, yang menyebutnya sebagai 'snail' (siput atau keong). Bahkan ada yang menyebutnya mirip strudel (sejenis makanan kering (pastry) yang biasanya diisi dengan yang manis-manis seperti aplle sauce, blueberry sauce dan lainnya dari Austria) atau gulungan kayu manis.

Loading...

Lebih lanjut, apakah kamu mengira di dalam lingkaran itu adalah huruf A?

Michael Quinion, yang memiliki situs World Wide Words, menyatakan tentang perubahan kata Latin 'ad' menjadi simbol 'at', adalah ketika simbol ditulis dengan tangan (menurutnya dimulai pada abad pertengahan), huruf 'd' ditulis melengkung ke kiri dan diperpanjang sampai nyaris melingkari huruf 'a'. Akhirnya bagian bawah menyatu dengan huruf 'a' untuk membentuk sebuah simbol. Sehingga lingkaran di sekitar huruf 'a' sebenarnya merupakan sisa-sisa dari bagian yang tinggi huruf 'd'.

Lain cerita dengan yang disampaikan profesor sejarah Italia yang menyampaikan bahwa ia menemukan simbol 'at' di dalam dokumen yang ditulis oleh seorang pedagang Florentine pada tahun 1536. Kalimat itu berbunyi, "Ada sebuah bejana (sebuah @) anggur, yang merupakan 1/30 setiap barel, bernilai 70 atau 80 dukat."

Bukannya mengartikan 'at the price of' (dengan harga), profesor itu mengatakan 'at' adalah 'a' yang mengacu pada 'bejana', ukuran volume.  

Well, terlepas dari asal-usul yang tepat, sekarang kita lebih akrab dengan 'commercial at' karena teknologi. Yuk, kita cek daftar penggunaan simbol @ dalam teknologi.

1. @ pada keyboard

Sebuah buku berjudul 'Managing Web Usage in the Workplace' menyatakan bahwa sejak sekitar 1880, simbol @ sudah ada di mesin ketik waktu itu.

2. @ untuk alamat e-mail

Ray Tomlinson pertama kali menggunakan simbol 'at' untuk memformat alamat e-mail menggunakan ARPAnet pada tahun 1971 untuk pesan yang dia kirim kepada dirinya sendiri, dari satu komputer ke komputer lain untuk menguji sistem. Dan menggelikan, ternyata dia sendiri tidak ingat apa isi pesan tersebut karena menurutnya itu tak terlalu penting.

3. @ di Twitter

Kalau yang ini sudah mafhum banget dong, guys. Penggunaan simbol 'at' digunakan untuk mention (menyebut) akun seseorang atau reply (menimpali) apa yang dia tuliskan.

Bagaimana, guys? Kini kamu sudah tahu sejarah simbol @, bukan?

PERLU JUGA KAMU BACA:

Ini lho, arti warna yang ada di kemasan makanan yang sering kamu beli

VIDEO: Pria ini menantang digigit semut di wilayah paling pribadi

Kemiripan pemimpin Hokage dalam film Naruto dengan presiden Indonesia

Kisah tragis episode terakhir Tom dan Jerry

Siapa gerangan wanita penenun di uang kertas Rp 5.000?

Abdul Jhalil & Khotijah, 'pengantin' yang dinikahkan lalu digiling