Brilio.net - Di permukaan bungkus atau kemasan makanan bukan hanya berisi tentang bahan-bahan dan nutrisi yang terkandung di dalam makanan saja lho, guys. Pernahkan kamu mengamati lingkaran atau kotak warna-warni di bagian pinggir kemasan makanan? Ternyata itu ada maknanya lho.

Dikutip brilio.net dari laman Mental Floss, Jumat (12/6), kotak atau lingkaran warna-warni tersebut dinamakan 'printer's color blocks' atau 'process control patches', atau secara sederhana sebut saja blok warna. Warna ini menunjukkan warna tinta yang digunakan untuk menghasilkan desain pada kemasan. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah sebuah kemasan sesuai dengan skema warna yang diperlukan produk atau tidak. Dalam banyak kasus, blok warna akan memberitahu manusia dan printer komputerisasi jika terjadi sesuatu.

Perlu kamu tahu, blok warna yang berbentuk lingkaran diberlakukan untuk produk makanan dalam kantong, sedangkan yang berbentuk kotak diberlakukan untuk makanan dalam kotak atau kardus. Untuk warnanya sendiri, terdiri dari warna hitam, cyan, magenta, dan kuning. Jadi, terdiri dari warna dasar yang dihasilkan printer.

Jika sebagian besar kemasan dicetak dengan satu atau dua warna, mereka biasanya akan ditempatkan di blok mereka sendiri (disebut 'spot warna', menjadi satu dengan lainnya yang sama-sama memiliki blok warna lebih dari satu atau dua. Ambil contoh produk snack Cheetos, hampir selalu memiliki minimal satu blok warna oranye, biasanya justru dua atau lebih, dengan warna yang berbeda.

Tapi kalau kamu tidak mendapati satu set blok warna pada kemasan makanan tertentu, kamu tak perlu khawatir. Kebijakan pemberian blok warna ini adalah pilihan, bukan aturan mutlak-walaupun perusahaan memproduksi dalam skala besar-untuk memproduksi masal produk yang memiliki beberapa variasi blok warna pada kemasan mereka. Ada juga beberapa perusahaan yang malah menghilangkan warna tersebut selama proses pengemasan.

Selain blok warna, kamu mungkin mendapati sebuah simbol cross-hairs atau tanda silang. Ini disebut 'register marks' atau 'position marks' yang berfungsi menyelaraskan semua warna yang dicetak pada kemasan, sebelum dicetak dengan printer. Namun tidak perlu risau, simbol ini bukan hal krusial bagi konsumen.

BACA JUGA:

Kemiripan pemimpin Hokage dalam film Naruto dengan presiden Indonesia

Siapa sebenarnya ibua danabapakadari Masha? Ini penjelasannya

Kisah tragis episode terakhir Tom dan Jerry

Siapa gerangan wanita penenun di uang kertas Rp 5.000?

Abdul Jhalil & Khotijah, 'pengantin' yang dinikahkan lalu digiling

HOT NEWS:

Anak SMA ini temukan cara deteksi boraks cukup pakai tusuk gigi

Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar

Kemegahan gedung Garuda ini tinggal kenangan, kini rata dengan tanah

Seram, hewan raksasa berbentuk pipa ditemukan di dasar laut