Brilio.net - Penilaian orang dimulai saat kali pertama bertemu dan berkenalan. Kesan pertama akan menjadi penentu apakah kamu dan kenalanmu itu bisa jadi kawan karib, rekan yang dapat dipercaya, ataukah tidak.

Nah, lantas bagaimana caranya biar bisa memberikan kesan pertama menarik di mata orang lain? Dikutip brilio.net dari laman REAL SIMPLE, Kamis (5/11), berikut lima cara ampuh biar kesan pertamamu menggoda atau memukau orang lain lebih dekat dengan kamu.

1. Berhenti bicara

Langkah sederhana biar bisa bikin kesan pertama yang begitu menggoda

foto: giphy.com

Loading...

Kebanyakan orang memiliki kebiasaan menyampaikan informasi tanpa henti selama pertemuan pertama. Nah, nggak setiap orang suka mendapat obrolan berlebihan saat awal-awal perkenalan, kecuali kalau kamu memang sales marketing yang bertugas banyak bicara. Tapi dalam pergaulan biasa atau dalam ranah formal, bicaralah seperlunya supaya tidak mengesankan kamu menyombongkan diri. Jadi, berhenti bicara di sini bermaksud jangan terlalu banyak bicara saat awal perkenalan, terutama hal yang tak perlu.

2. Tampilkan kekurangan

Langkah sederhana biar bisa bikin kesan pertama yang begitu menggoda

foto: giphy.com

Kekurangan di sini bukan yang benar-benar menjatuhkanmu, lho. Kamu bisa membicarakan kekuranganmu yang terkesan wajar. Misalnya, "Saya nggak bisa makan makanan pedas. Jadi, kalau nanti kita makan bareng, silakan pilih makananmu sendiri tapi yang pasti saya nggak akan pilih makanan pedas." Terkesan wajar, kan? Bukan seperti "Saya paling nggak bisa bangun pagi. Jadi saya bakalan telat datang ke kantor walaupun masuknya jam sembilan pagi. Habisnya masih ngantuk, sih!"

Tapi, untuk poin ini kamu harus pandai-pandai menyesuaikan dengan lawan bicara dan situasi, lho. Siapa tahu orang yang kamu ajak berkenalan pertama kali adalah tipe orang sepertimu, jadi obrolan sejelek apa pun kamu, kalau kalian cocok ya obrolan akan seru. Tapi kalau kamu sedang dalam situasi wawancara kerja, ya jangan menunjukkan kekuranganmu secara blak-blakan. Namanya kamu nggak niat melamar pekerjaan.

3. Sebut lawan bicara jangan hanya sekali

Langkah sederhana biar bisa bikin kesan pertama yang begitu menggoda

foto: giphy.com

Orang akan merasa sangat dihargai kalau namanya disebut berulang kali dalam percakapan, kamu juga kan? Lakukan ini untuk menunjukkan kamu memang tertarik terhadap lawan bicaramu. Kalau perlu perhatikan detail yang dia sampaikan dan ingat, plus sampaikan ulang salah satu detail tersebut untuk menjaga obrolan dalam perkenalan awal terus mengalir lancar. Misalnya saja detail makanan favorit, kucing kesayangan, nama sayang buat motornya, dan sebagainya.

4. Jangan 'haus' pujian

Langkah sederhana biar bisa bikin kesan pertama yang begitu menggoda

foto: giphy.com

Siapa yang nggak suka dipuji? Kamu pun suka dipuji, kan? Tapi jangan sampai kamu sengaja cari perhatian untuk dipuji. Orang justru mati rasa sama kamu, padahal niat awalmu adalah ingin memberi kesan kagum dari lawan bicara. Biasanya hal ini terjadi akibat kamu terlalu membanggakan diri dan akhirnya membuat orang lain menilai kamu egois, narsis, dan nggak bisa bekerja sama dengan orang lain. Nah, lho... orang bakal jengkel sama kamu.

5. Tampilkan kesan tertarik pada lawan bicara

Langkah sederhana biar bisa bikin kesan pertama yang begitu menggoda

foto: giphy.com

Bahasa wajah dan tubuh nggak bisa berbohong menunjukkan keengganan atau ketertarikan kepada orang lain, lho. Cara kamu bereaksi terhadap omongan orang lain kala pertama kali berkenalan juga bisa menentukan kesan pertama kamu di mata dia. Misalnya saja, kalau wajahmu berekspresi datar, itu artinya kamu malas sama orang itu. Mengangguk cepat dan kuat saat mengobrol menunjukkan kamu senang mendengarkan dia berbicara. Sebuah lengkungan alis yang cepat adalah salah satu gerakan kecil tapi efektif menyatakan rasa ingin tahumu. Kemudian misalnya dia bicaranya lembut, sebisa mungkin jangan menimpalinya dengan suara menggelegar sampai bikin dia terkejut, salah-salah dia takut sama kamu.

Bagaimana menurutmu, guys? Kamu punya tips apa biar kesan pertamamu cetar dan bikin orang lain terngiang-ngiang sama kamu?