Brilio.net - Semua orang pasti lebih suka kamar yang bersih dan nyaman daripada yang kotor dan berantakan. Selain tak enak dipandang dan didiami, juga bisa menjadi sumber penyakit. Makanya kamarmu perlu kamu kondisikan untuk selalu bersih, rapi, dan nyaman untuk siapa saja yang berkunjung.

Nah, untuk bisa bikin kamar bersih pasti harus mau beres-beres dong! Tapi, kalau kamu termasuk yang sering males beresin kamar, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba.

1. Sediakan tempat sampah di kamar
Menyediakan tempat sampah di dalam kamar termasuk hal yang penting. Agar kamu tidak merasa malas membuang sampah pada tempat yang benar. Tidak perlu yang besar, agar tidak memakan banyak ruang.

Karena diletakkan di dalam kamar, kamu perlu pilih tempat sampah yang tertutup supaya lebih elegan. Tempat sampah ini khusus untuk menampung sampah yang kering seperti robekan kertas dan sampah plastik, supaya tidak menimbulkan bau tak sedap di kamarmu.

2. Letakkan barang di tempatnya setelah digunakan
Biasanya, kalau melihat banyak sekali barang yang berserakan kamu akan merasa malas untuk membersihkannya. Maka, untuk mengantisipasinya kamu perlu membiasakan diri untuk meletakkan segala sesuatu di tempatnya lagi setelah kamu memakainya. Termasuk juga segera mencuci peralatan dapur setelah digunakan kalau kamu suka masak atau makan di kosan.

Kebiasaan meletakkan barang di tempatnya kembali selain bikin kamarmu rapi, juga memudahkan kamu menemukannya ketika suatu saat kamu membutuhkannya. Kebiasaan kecil ini akan membuat kamarmu selalu rapi. Beres-beres yang sedikit-sedikit ini lebih mudah kan daripada ketika kamarmu sudah kadung berantakan?

3. Sediakan boks atau space tertentu untuk barang-barang tidak terpakai
Barang-barang yang sudah tidak kamu pakai, daripada didiamkan begitu saja memenuhi kamarmu, lebih baik dipisahkan dalam boks atau space tertentu. Beberapa yang masih layak pakai bisa kamu berikan ke teman atau sumbangkan ketika ada bakti sosial.

Lebih baik kamu letakkan barang-barang itu di kamar agar kamu segera menyumbangkannya sebelum barang itu menjadi rusak, ketimbang kamu simpan di gudang yang cenderung langsung kamu tinggalkan begitu saja.

4. Minta bantuan teman
Ini kalau kondisi kamarmu dirasa udah nggak nyaman buatmu karena lama nggak dibersihkan. Kalau kamu merasa malas untuk beres-beres kamar sendirian, kamu bisa ajak teman kamu untuk bantu beres-beres kamarmu. Pekerjaan yang dilakukan bersama akan lebih ringan kan?

Tapi ingat, kamu dalam posisi meminta bantuan bukan menyuruh, jadi ungkapkan permintaanmu dengan baik dan jangan membebankan porsi yang lebih banyak kepadanya. Dan suatu saat ketika dia membutuhkan bantuan yang sama, kamu juga harus siap memberikan bantuan.