Brilio.net - Kisah yang begitu berkesan dan membentuk dirinya sekarang itu tak mungkin dilupakan oleh laki-laki ini. Dalam sebuah kesempatan, adalah Levan Merritt bercerita bagaimana dirinya pernah diselamatkan gorila pada 30 tahun lalu.

Puluhan tahun lalu, tepatnya 30 Agustus 1986, Levan yang waktu itu berusia 5 tahun, jatuh ke kandang gorila di sebuah kebun binatang dan langsung tak sadarkan diri. Di luar dugaan, gorila jantan raksasa bernama Jambo yang berwarna hitam keperak-perakan menyelamatkannya dan melindunginya dari gerombolan kera.

Makhluk setinggi 7 kaki itu kemudian mengulurkan tangannya dan membelai punggung Levan sehingga mengubah persepsi publik bahwa binatang ini temperamental.

Ketika terbangun, Levan yang jatuh dari ketinggian 20 kaki ke dalam lubang setelah naik ke dinding untuk mendapatkan pemandangan lebih baik itu langsung berteriak. Tapi gorila itu mengomando kera-kera lainnya untuk tetap berada di kandangnya hingga ambulans datang menolong. Levan sendiri sempat mengalami cedera di lengan dan tengkoraknya retak.

Sekarang, tiga puluh tahun kemudian, Levan yang kini berusia 35 tahun mengakui bahwa kejadian itu telah menentukan hidupnya saat ini. Ia sudah menikah dan telah memiliki dua anak, Leo (3) dan Riley (2). Levan bekerja di bidang manufaktur kayu dan masih memiliki hubungan dekat dengan kebun binatang di mana kejadian itu berlangsung.

Levan bercerita, akibat kejadian ini, teman-temannya di sekolah menjulukinya dengan 'Tarzan' atau 'anak gorila'. Istrinya juga sempat tidak percaya dengan cerita ini sampai ia mendengar sendiri dari mulut Levan.

"Ia (istrinya) pertama kali mendengar cerita ini diberitahu oleh teman-teman saya beberapa bulan setelah kami pacaran dan ia tidak percaya, hingga saya bilang sendiri. Ia terkejut dan berpikir itu luar biasa," ujar Levan seperti dilansir brilio.net dari Mail Online, Senin (25/1).

Levan kala itu menghabiskan enam minggu di rumah sakit, daerah Southampton bersama orangtuanya. Stephen dan Pauline dan ditemani juga oleh tiga saudara kandungnya Clint (8), Stephanie (10) dan Lloyd (4).

"Pertama kali melihat video itu di rumah sakit saya sangat terkejut dan cukup kaget. Saya jelas tidak bisa percaya dengan apa yang telah terjadi. Saya akan selamanya berterimakasih kepada Jambo," katanya.

Jambo sendiri meninggal pada 1992, dan untuk mengenang jasanya, pihak kebun binatang membuatkan Jambo patung dan Levan diundang dalam upacara peresmiannya.

Berikut video saat Jambo menyelamatkan Levan: