Brilio.net - Tidak hanya persoalan sosial, media hiburan juga tidak luput dari sebuah penelitan. Salah satu topik yang menarik adalah lagu. Setiap hari, kita dibanjiri dengan lagu-lagu baru. Akan tetapi tahukah kamu bahwa lebih dari 750 lagu populer berkaitan cuaca?

Fakta yang mengejutkan ini ditemukan oleh para ahli dari berbagai universitas yang memiliki pusat studi mengenai perubahan iklim di kampusnya. Salah satu kampus yang terlibat dalam riset ini adalah Oxford. Sebenarnya penelitian ini merupakan tindak lanjut dari penelitian sebelumnya dari ahli yang berbeda pada tahun 2011.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa lagu yang berhubungan dengan cuaca begitu populer, sebagaimana dikutip brilio.net dari Science Daily, Sabtu (1/8). Bahkan 7% dari lagu tersebut masuk dalam majalah Rolling Stone’s pada tahun 2011. Selain itu, lagu dengan topik yang sama juga masuk jajaran top 500 Greatest Songs of All Time. Keren bukan?

Temuan dari riset tersebut juga menunjukkan bahwa cuaca cerah dan kondisi hujan sangat populer dalam lirik lagu. Meskipun begitu, sangat jarang para musisi memasukkan unsur salju pada lagu mereka. Studi ini juga menunjukkan bahwa banyak penulis lagu yang terinspirasi oleh cuaca tertentu.

Para peneliti juga terkejut bagaimana tema cuaca dikomunikasikan lewat lagu-lagu yang dikenal oleh masyarakat. Data dalam penelitian ini meliputi band, lirik lagu, dan para 30 artis/band yang namanya mirip dengan unsur cuaca.

Loading...